Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMKOT JAYAPURA AKAN BUAT PEMETAAN MASYARAKAT MISKIN

kemiskinan-pemiskinan-wawalijayapura

SAPA - Pemerintah Kota Jayapura Provinsi Papua berencana akan membuat pemetaan lokasi masyarakat miskin yang ada di Kota Jayapura.

Hal ini dikatakan Wakil Walikota Jayapura Dr. H. Nur Alam untuk mempermudah pemerintah dalam memberantas dan mengurangi angka kemiskinan di tanah Port Numbay.

"Kita mau rapat internal dulu supaya data yang kurang lebih 43 ribu orang itu saya mau tahu dimana mereka, kita mau istilahnya by name by address, jangan hanya data saja yang kita dapat, mau dipetakan, saya sudah pesan tadi setiap dinas harus punya peta. Hanya dengan itu dari waktu ke waktu kita perkecil angka kemiskinan," ucap Alam kepada wartawan di ruang kerjanya pada Rabu (24/04) siang.

Untuk perkembangan jumlah penduduk miskin di Kota JAyapura sendiri, tahun 2005 jumlah penduduk miskin yang ada di Kota Jayapura ada sebanyak 50.200 orang atau 24,78 persen, kemudian tahun 2008 42.110 orang atau 18,67 persen, lalu tahun 2011 ada 43.890 orang atau 16,63 persen.

Target Pemerintah Kota Jayapura pada tahun 2015, ucap Alam, adalah menekan angka kemiskinan di angka 12,43 persen dari jumlah penduduk, hal ini untuk memenuhi Milenium Development Goals (MDGS).

Jumlah penduduk miskin di Kota Jayapura diakui Alam cukup besar, namun hal ini lebih dikarenakan tingginya angka urbanisasi ke Ibukota Provinsi Papua ini sebagai daerah yang berkembang dan menjadi pusat perekonomian di Papua dengan tingkat pertumbuhan pertahunnya 2,61 persen.

Selain ingin mengetahui lokasi penyebaran penduduk miskin, Alam juga menuturkan pemerintah juga ingin mengetahui penyebab dari kemiskinan mereka, karena secara relative ada kemiskinan structural, kemiskinan absolute dan kemiskinan cultural.

Dari situ, terangnya, pemerintah bisa membuat kebijakan yang tepat sasaran untuk mengeluarkan rakyatnya dari jurang kemiskinan.

 

bintangpapua dot com

Terpopuler

Terbaru

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

SAPA INDONESIA - KETIMPANGAN ekonomi atau gini ratio DIY yang...
VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

SAPA INDONESIA - MENCERMATI fenomena angka kemiskinan yang...
BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

SAPA INDONESIA - NOMINAL belanja rokok di Kabupaten Kulonprogo,...
SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - SETIAP desa memiliki potensi untuk membentuk...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook