Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

1 TKI PERGI KE LUAR NEGERI, 5 ORANG BEBAS DARI KEMISKINAN

kemiskinan-pemiskinan-jumhur

SAPA - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat menyatakan ungkapan rasa terima kasih pemerintah kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) karena telah berjasa membantu mengatasi pengangguran dan kemiskinan.

"1 Orang TKI yang berangkat bekerja di luar negeri, berarti 1 angka pengangguran teratasi dan 5 orang terbebas dari masalah kemiskinan karena 1 orang TKI menanggung rata-rata 4 anggota keluarganya. Di tengah keterbatasan lapangan kerja di dalam negeri menjadi alternatif bagi warga untuk bekerja ke luar negeri," ujar Jumhur dalam pernyataan tertulis yang diterima Liputan6.com pada Jumat (17/5/2013).

Berdasarkan data BNP2TKI, terdapat sekitar 6 juta orang yang bekerja di 143 negara yang berarti 6 juta orang terbebas dari pengangguran dan 30 juta orang teratasi dari ancaman kemiskinan.

"Belum lagi dari remitansi atau kiriman uang TKI ke keluarga mereka dapat menggerakkan roda perekonomian keluarga," kata Jumhur menambahkan.

Sehingga BNP2TKI berharap untuk para TKI yang sukses bekerja di luar negeri, ketika kembali ke tanah air dapat mengelola penghasilannya dalam berbagai bidang usaha yang produktif. Sehingga bisa membantu membuka lapangan kerja di dalam negeri.

Kemudian, guna mendukung keberhasilan TKI di luar negeri, BNP2TKI mensosialisasikan agar TKI wajib menempuh prosedur resmi serta mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai. Ia menambahkan, pemerintah sedang menyiapkan ketentuan bahwa TKI penata laksana rumah tangga (PLRT) tinggal di asrama setelah bekerja 8 jam per hari, tidak lagi tinggal di rumah pengguna (live out system).

"Inilah yang terus menerus disosialisasikan oleh BNP2TKI karena sosialisasi program kerja dan kebijakan, sangat besar manfaatnya dan menjadi sarana efektif untuk berdialog dengan masyarakat," tutup Jumhur.

news dot liputan6 dot com
                                             Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPK - Angka Kemiskinan- Data Kemiskinan - Musrenbang - tki

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook