Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ANGKA KEMISKINAN TURUN DI SIDRAP DALAM 5 TAHUN

kemiskinan-pemiskinan-pnpmsidrap

SAPA - Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Sidrap menurunkan persentase angka kemiskinan penduduk dari 7,64 persen pada tahun 2008 menjadi 4,29 persen pada 2012 lalu, tidak lepas semua dukungan berbagai pihak termasuk Pemerintah setempat. Salah satunya adalah program PNPM Mandiri Perdesaan.

Program tersebut dinilai berhasil menekan angka kemiskinan selama dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini. Upaya pemerintah daerah ini dalam membebaskan warganya dari kemelut kemiskinan adalah keberhasilan yang berhasil menempatkan Sidrap diurutan ketiga sebagai salah satu daerah paling terendah angka kemiskinannya di Sulsel.

Hal tersebut terungkap saat Pelatihan TPK (Tim Pengelola Kegiatan) PNPM Mandiri Pedesaan, di ruang pola kantor Bupati Sidrap, Kamis (23/5) kemarin. Dalam paparanya, Wakil Bupati Sidrap, H Dollah Mando mengatakan, jumlah angka kemiskinan di Sidrap dalam kurun masa kepemimpinannya bersama Bupati H Rusdi Masse, selama lima tahun terakhir ini mampu ditekan dari semula Sidrap sebagai posisi ketiga tertinggi angka kemiskinan di Sulsel, sekarang justru sebaliknya dengan mengacu pada program tersebut.

"Sinergi program pemerintah daerah dengan program penanggulangan kemiskinan PNPM Pedesaan dan Perkotaan menempatkan Sidrap sebagai kabupaten dengan presentase jumlah penduduk miskin terendah ke tiga di Sulsel,"ujar H Dollah Mando saat membuka acara tersebut, kemarin.

Lebih lanjut H Dollah Mando mengungkap, keberhasilan lain dicapai yaitu penurunan secara drastis jumlah Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kabupaten Sidrap dari sebelumnya 19.354 RTM pada 2008 menjadi 11,382 RTM di 2013 atau sebesar 41,19 persen. Begitupun pendapatan per kapita masyarakat Sidrap naik dua kali lipat dalam lima tahun terakhir, dari Rp7 juta pada 2007 lalu, menjadi Rp6 juta saat ini.

"Keberhasilan diraih berkat dukungan program-program PNPM juga, seperti pembangunan infrastruktur maupun program simpan pinjam PNPM. Untuk itu atas nama pemerintah daerah kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh pelaku yang menjadi stake holder PNPM di Kabupaten Sidrap selama ini,"jelas Dollah.

Sementara melalui pelatihan tersebut, Wabup H Dollah Mando berharap wawasan dan pengetahuan para TPK semakin meningkat dalam melaksanakan program-program PNPM. "TPK desa dan kelurahan ujung tombak program PNPM, kinerja TPK menentukan keberhasilan program PNPM juga,"tandas H Dollah Mando.

Pelatihan dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati diikuti sedikitnya 194 TPK PNPM Mandiri Pedesaan se Kabupaten Sidrap. Hadiri dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Kabupaten H Ruslan, Kepala BPMPD Sidrap Awaluddin Ramli serta Fasilitator Kabupaten PNPM Sidrap, Abd Rauf.

ajatapparengnews dot com
                                                              Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPK - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

SEBELUM DICIDUK TIM SABER PUNGLI, DPMD SUDAH PERINGATKAN KADES

SEBELUM DICIDUK TIM SABER PUNGLI, DPMD SUDAH PERINGATKAN KADES

SAPA INDONESIA - DINAS Pemberdayaan Masyarakat dan Desa telah...
JOKOWI INGATKAN MASYARAKAT TAK PAKAI DANA BANTUAN UNTUK BELI PULSA

JOKOWI INGATKAN MASYARAKAT TAK PAKAI DANA BANTUAN UNTUK BELI PULSA

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan...
161 DESA BELUM MENYERAHKAN PERSYARATAN PENCAIRAN

161 DESA BELUM MENYERAHKAN PERSYARATAN PENCAIRAN

SAPA INDONESIA - SEBANYAK 161 desa di Wonogiri belum memenuhi...
DANA DESA DIPRIORITASKAN ENTASKAN KEMISKINAN

DANA DESA DIPRIORITASKAN ENTASKAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - WAKIL Menteri Keuangan Mardiasmo melakukan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook