Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENYALURAN BLT MENGGUNAKAN E-KTP

kemiskinan-pemiskinan-ektp

SAPA - KTP elektronik (e-KTP) rencananya akan digunakan untuk mengefektifkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) ke masyarakat. Termasuk, dalam penyaluran BLT sebagai kompensasi dari kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi masyarakat miskin.

Demikian dikatakan Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang juga menjabat Staf Ahli Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Bidang Hukum, Politik, dan Hubungan Antar Lembaga, Reydonnyzar Moenek, Jumat (17/5).

"Dimungkinkan, dengan NIK tunggal, dimungkinkan untuk berbagai keperluan dan kepentingan lainnya, itulah gunanya e-KTP," kata Reydonnyzar Moenek.

Hingga saat ini, kata Reydonnyzar Moenek, Kemendagri telah menjalin kerja sama dengan 11 Kementerian/Lembaga terkait pemanfaatan NIK tunggal dan program e-KTP bagi pelayanan publik. Salah satunya, kerja sama antara Kemendagri dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres), 6 Mei lalu.

"Kementerian atau lembaga lainnya yang sudah bekerjasama dalam pemanfaatan data e-KTP ini diantaranya Kementerian Kesehatan, Bappenas, Bank Indonesia, Jamsostek, dan Askes," ujarnya.

Sekretaris Eksekutif TNP2K Bambang Widianto sebelumny menjelaskan, dalam penandatanganan naskah kerja sama pemanfaatan e-KTP, data kependudukan, dan NIK antara Kemendagri dengan TNP2K,kerja sama pemanfaatan data e-KTP Kemendagri dimaksudkan untuk melengkapi dan menyempurnakan Basis Data Terpadu (BDT).

Yang telah disusun TNP2K yang berisi 40 persen data penduduk Indonesia dengan tingkat kesejahteraan terendah. Basis data terpadu ini diperuntukkan untuk penargetan program-program penanggulangan kemiskinan di masa mendatang, seperti program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Beras Miskin (Raskin), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Sosial Masyarakat (BSM).

"Saat ini sudah banyak juga pemerintah propinsi dan kabupaten/kota, bahkan lembaga-lembaga seperti perguruan tinggi dan LSM yang meminta dan menggunakan data tersebut," katanya.

tribunnews dot com
                                                       Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - BLT - E-KTP - Jamkesmas - Raskin - BSM

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

SAPA INDONESIA - MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencurigai...
PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) menegaskan...
PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

SAPA INDONESIA - PROGRAM padat karya cash dari dana desa diharapkan...
WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook