Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KOTIM DIALOKASIKAN RP. 75,1 M

kemiskinan-pemiskinan-penanggulangan

SAPA - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) akan mengalokasikan anggaran Rp75,1 miliar untuk penanggulangan kemiskinan pada 2014 dan jumlah dana sebesar itu kemungkinan ditambah.

"Penanggulangan kemiskinan termasuk dalam delapan program prioritas kita. Anggaran tersebut tersebar di sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sesuai dengan bidang masing-masing," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kotim, Burhanudin di Sampit, Selasa.

Hal itu disampaikan dalam pembahasan Kebijakan Umum APBD - Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara anggaran 2014. Anggaran tersebut tersebar di sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang memiliki program terkait penanggulangan kemiskinan.

Sebaran anggaran tersebut yakni di Dinas Pendidikan sebesar Rp11,8 miliar, Dinas Kesehatan Rp39,4 miliar, Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Rp146 juta, Dinsosnakertrans Rp1,2 miliar, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Rp6 miliar lebih, Disnatanak Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Rp7,6 miliar, Dinas Kehutanan Rp7 miliar, Dislutkan Rp470 juta serta Dinas Koperasi dan UKM Rp476,3 juta.

Alokasi sebesar Rp75,1 miliar atau sekitar 12,80 persen dari belanja langsung 2014 nanti itu masih ada kemungkinan bertambah. Pasalnya, masih ada sekitar Rp10 miliar anggaran yang masih bisa disebar untuk program-program prioritas.

"Kita berkomunikasi untuk menghadapi tantangan peluang tenaga kerja, di antaranya nanti memperkuat balai latihan kerja (BLK) yaitu pelatihan, dan nanti akan dilihat juga dari program masing-masing SKPD sebelum pembahasan RAPBD 2014," ucap Burhanudin.

Seperti diketahui, masalah kemiskinan memang menjadi momok yang sedang ditanggulangi oleh Pemkab Kotim. Pemerintah daerah harus berpacu untuk mengentaskan kemiskinan seiring jumlah penduduk yang terus bertambah.

Sebagai salah satu daerah yang diminati para pencari kerja dari luar daerah, angka kemiskinan di Kotim bisa saja terus bertambah seiring bertambahnya pencari kerja. Perlu kerja keras pemerintah daerah untuk mengimbanginya dan agar bisa mengentaskan kemiskinan di daerah ini.

Angka kemiskinan di Kotim beberapa tahun terakhir menunjukkan penurunan. Jumlah penduduk miskin di Kotim pada 2010 lalu tercatat sebanyak 31.400 jiwa atau 8,22 persen dari total penduduk 246.925 jiwa. Pada 2011, penduduk miskin berkurang menjadi 28.380 jiwa atau 7,43 persen dari totoal penduduk Kotim 261.800 jiwa.

Selain program pengentasan kemiskinan secara khusus, pemerintah daerah juga mengalokasikan anggaran cukup besar untuk pengentasan desa tertinggal pada 2014 nanti. Dalam rencana awal, dana yang akan dialokasikan sebesar Rp24,4 miliar dan masih ada kemungkinan akan bertambah.

(Antara)
                                                           Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri - SKPD

Terpopuler

Terbaru

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN anggaran Kementerian Desa, Pembangunan...
KADES HARUS LIBATKAN TENAGA PENDAMPING

KADES HARUS LIBATKAN TENAGA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH pusat telah menggelontorkan dana...
BANTUAN PANGAN LEWAT KARTU

BANTUAN PANGAN LEWAT KARTU

SAPA INDONESIA - BANTUAN pangan nontunai diluncurkan serentak...
KETIMPANGAN MASIH LEBAR

KETIMPANGAN MASIH LEBAR

SAPA INDONESIA - KUASA pasar menjadi lokomotif memburuknya...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook