Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

44 Keluarga Miskin Terima Sanitasi Air PDAM

SIDOARJO, - Sebanyak 44 rumah tangga masyarakat miskin berpenghasilan rendah di Kelurahan Lemah Putro, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo akhirnya menerima pelayanan sanitasi air bersih dari PDAM. Mereka tidak lagi membeli air bersih eceran yang harganya 10 kali lipat lebih mahal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pemenuhan kebutuhan air bersih di pemukiman padat penduduk yang berdiri di atas lahan milik PJKA dan Dinas PU Pengairan itu berkat kerjasama PDAM selaku pemasok air bersih, dibantu USAID dan Indonesia Urban Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH) yang mengibahkan programnya kepada LSM Spektra selaku pelaksana program.

Koordinator Regional IUWASH Jatim, Laksmi Cahyaniwati menerangkan, survey menyebut, sebagian masyarakat mengeluarkan pengeluaran bulanan sebesar Rp 60.000-Rp 120.000, atau setara dengan Rp 50.000-Rp 75.000 per meter kubik air. ''Harga ini lebih tinggi 20-30 kali dari tarif PDAM terendah untuk sambungan rumah di Sidoarjo sebesar Rp 2.400 per meter kubik,'' katanya, Kamis (9/8/2012).

Nilai tersebut, kata Laksmi, jelas sangat memberatkan warga yang notabene berpenghasilan di bawah Rp 1 juta setiap bulannya. Belum lagi, warga berpotensi terkena penyakit dari air eceran yang dibeli, karena didistribusikan dengan jiriken yang kotor. ''Selain lebih sehat, dengan program ini warga juga akan menghemat pengeluaran untuk kebutuhan air hingga lebih dari 50 persen setiap bulannya,'' tambahnya.

Ke-44 rumah tangga miskin itu bukanlah pelanggan individu, namun termasuk pelanggan komunal dalam program Master Meter yang menggunakan satu meter air untuk digunakan bersama-sama. Sementara administrasi pembayarannya dikelola oleh Komite Swadaya Masyarakat (KSM) yang dibentuk oleh warga sendiri.

Penambahan pelanggan baru itu adalah yang kesekian kalinya di wilayah Kelurahan Lemah Putro. Sebelumnya pada 2008, program yang sama menjangkau 40 rumah tangga miskin. Keberhasilan KSM di kelurahan tersebut setelah itu juga mampu memperluas jaringan sanitasinya ke 16 rumah tangga miskin. Diharapkan, hingga akhir program masa hibah pada Februari 2013, program ini akan menjangkau 100 rumah tangga miskin lagi.

Editor : Glori K. Wadrianto

Sumber : kompas.com

Terpopuler

Terbaru

KE ISTANA, BIBIT SAMAD BAHAS DANA DESA DENGAN TETEN MASDUKI

KE ISTANA, BIBIT SAMAD BAHAS DANA DESA DENGAN TETEN MASDUKI

SAPA INDONESIA - KETUA Satgas Dana Desa Bibit Samad Rianto...
60 PERSEN DESA SUDAH TERAPKAN SISTEM INFORMASI

60 PERSEN DESA SUDAH TERAPKAN SISTEM INFORMASI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)...
PENURUNAN DANA DESA GUNUNGKIDUL BELUM DISOSIALISASIKAN

PENURUNAN DANA DESA GUNUNGKIDUL BELUM DISOSIALISASIKAN

SAPA INDONESIA - PAGU anggaran dana desa 2018 dari Pemerintah...
AWASI DANA DESA, KAPOLDA MOU DENGAN GUBERNUR JATIM

AWASI DANA DESA, KAPOLDA MOU DENGAN GUBERNUR JATIM

SAPA INDONESIA - KAPOLDA Jatim Irjen Pol Mahfud Arifin melakukan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook