Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

WAGUB AHOK LUNCURKAN DATA PENGENTASAN KEMISKINAN JAKARTA

kemiskinan-pemiskinan-ahok

SAPA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) telah meluncurkan database program pengentasan kemiskinan di Balai Kota, Kamis, 20 Juni 2013. Data ini disusun untuk penyejahteraan penduduk sesuai Millenium Development Goals (MDGs).

"Ini data yang sangat terperinci, saya ucapkan terima kasih," ujar Basuki di Balai Kota Jakarta, Kamis, 20 Juni 2013. Ahok menyampaikannya kepada perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang menjadi supervisor pengelolaan data tersebut.

Menurut Ahok, database ini amat penting untuk mencapai tujuan, visi, dan misi bagi kepala daerah. "Seorang kepala daerah harus punya visi yang terukur. Ini bisa jadi salah satu ukurannya," ujar dia.

Nantinya, jika telah matang, data ini akan dipaparkan dalam situs jakarta.go.id. "Masih perlu dimatangkan hingga nanti pengaplikasian (anggaran), mungkin tahun depan," ujarnya. Kata Ahok, Jakarta kini telah punya panduan detail untuk mengentaskan kemiskinan.

Koordinator Sekretariat Nasional Pro Poor Planning Budgeting Monitoring (BP3M) Bappenas, La Ega, mengatakan database ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan kualitas data sektoral di tiap provinsi. Selama ini, perencanaan pembangunan masih bergantung pada data statistik yang tak presisi hulu datanya.

Data-data ini mencantumkan berbagai statistik kesejahteraan masyarakat. Antara lain penanggulangan kemiskinan, nutrisi anak, partisipasi pendidikan, kesetaraan gender, kelahiran oleh tenaga terlatih, tingkat pengidap HIV/AIDS, hingga sanitasi layak. "Capaian Jakarta baru 40 persen," ujarnya.

Artinya, masih banyak yang perlu dibenahi untuk mensejahterakan rakyat sesuai program MDGs. Jakarta baru dianggap berhasil dalam program penanggulangan kemiskinan, nutrisi anak, tenaga terlatih di bidang medis, dan sanitasi layak. Sisanya mendapat rapor kuning dan merah.

Papan skor ini nantinya akan berfungsi untuk menganalisis akar masalah pembangunan di wilayah dan penentuan fokus program. "Setiap kelurahan nantinya harus ada datanya," ujarnya.

La Ega menyatakan dengan keluarnya data ini, para pejabat di jajaran Pemprov DKI Jakarta bisa jadi merasa terancam. "Ini jadi ancaman. Siapa nih kepala dinas yang rapornya merah terus," ujarnya sambil tertawa. (Baca: Ini 10 Dinas yang Disemprot Jokowi)

Menurutnya lagi, data ini mengajarkan para kepala dinas untuk tak puas dengan hasil yang telah diraih. "Dalam pembangunan yang dilihat bukan pencapaian, tetapi tren pencapaian," ujarnya.

tempo dot co
                                                                  Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri - MDGS

Terpopuler

Terbaru

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

SAPA INDONESIA - SUBSIDI listrik untuk 18,7 juta pelanggan...
PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - GUBERNUR Bali Made Mangku Pastika mengatakan...
PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

SAPA INDONESIA - SEJUMLAH kalangan menilai pengembangan ekonomi...
DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook