Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BELUM DAPAT KPS? LAPOR KEPALA DESA

kemiskinan-pemiskinan-kps

SAPA - Pemerintah sampai dengan sekarang masih menyebarkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) ke masyarakat kurang mampu hingga pelosok daerah. Merasa belum dapat? Yuk, laporkan ke Kepala Desa yang berwenang.

Deputi Seswapres Bidang Kesra dan Penanggulangan Kemiskinan Bambang Widianto menjelaskan pemerintah menggunakan data Kementerian Dalam Negeri yang memakai basis data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam menyebar KPS tersebut.

"Kita punya data dari Kementerian Dalam Negeri yang sumbernya basis data terpadu. Surveinya dilakukan oleh Badan Pusat Statistik. KPS dibagikan kepada sekitar 15,5 juta rumah tangga," ungkapnya di Hotel Sahid, Jakarta, Jumat (21/6/2013).

KPS tersebut, sambung Bambang digunakan untuk Bantuan Langsung Sementara (Balsem/BLSM) sebagai kompensasi kenaikan BBM. Selain itu digunakan juga untuk mendapatkan beras miskin (raskin) hingga anak sekolah.

Jika belum merasa mendapatkan kartu tersebut, Bambang meminta masyarakat untuk melapor. KPS ini telah menggunakan data terbaru masyarakat miskin atau pemutakhiran data.

"Kita ada mekanisme pemuktahiran kartu tersebut. Yang miskin bisa ngadu ke kepala desanya untuk pemutakhiran. Mekanismenya lewat musyawarah desa atau kelurahan," jelasnya.

Ia juga berharap jika memang ada masyarakat yang merasa mampu maka KPS bisa dikembalikan ke pemerintah "Kalau orang itu mampu kembalikan kartunya," tuturnya.

finance dot detik dot com
                                                     Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri - KPS - BLSM

Terpopuler

Terbaru

MENDES SARANKAN LAPORAN KEMENDES DIAUDIT ULANG

MENDES SARANKAN LAPORAN KEMENDES DIAUDIT ULANG

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
PROGRAM PETA DESA TERANCAM MANDEK

PROGRAM PETA DESA TERANCAM MANDEK

SAPA INDONESIA - PROGRAM peta dasar untuk tingkat perdesaan...
PEREMPUAN ADAT TERABAIKAN

PEREMPUAN ADAT TERABAIKAN

SAPA INDONESIA - MESKIPUN telah meratifikasi Konvensi PBB mengenai...
KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

SAPA INDONESIA - SEBANYAK tujuh BUMDes mengikuti pelatihan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook