Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BLSM MULAI DICAIRKAN DAN WARGA MISKIN MENDAPAT RP 300.000

kemiskinan-pemiskinan-blsm3

SAPA - Antusiasme warga untuk mendapatkan program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tampaknya amat tinggi. Hal itu terlihat di kantor pos Mampang Prapatan. Sejumlah warga penerima BLSM sudah mulai berdatangan sejak pagi hari.

Pantauan Merdeka.com di Kantor Pos Mampang, pembagian BLSM baru dimulai pukul 09.00 WIB, namun semenjak pukul 08.30 sekitar 45 orang telah antre untuk mencairkan dana sebesar Rp 150.000 per RTS. Mereka duduk tertib menunggu nomor antreannya dipanggil.

Sukandi (37) mengaku mendapat informasi mengenai pembagian BLSM hari ini dari undangan yang diberikan oleh pengurus RT tempatnya tinggal. "Saya dikasih sama ketua RT baru kemarin amplopnya dan kartunya," kata Sukandi di kantor Pos Mampang, Jakarta, Sabtu (22/6).

Amplop itu merupakan salah satu syarat untuk menukarkan kartu BLSM peserta. Di dalam amplop terdapat selembar kertas berisi sosialisasi BLSM. Ada mekanisme tata cara pengambilan dan persyaratan apa yang harus dibawa peserta, semisal Kartu Tanda Penduduk.

Meskipun jumlah yang diterima hanya Rp 150.000, Sukandi mengaku hanya bisa pasrah dan bersyukur. Dia sendiri mengaku belum mengetahui nominal yang akan diberikan. "Saya tidak tahu katanya Rp 150.000 selama empat bulan ya, segitu juga tidak apa-apa daripada tidak sama sekali," ujar dia.

Panitia pembagian BLSM, Herman Effendy (43) mengatakan, jumlah yang diterima warega miskin pada pencairan tahap pertama sebesar Rp 300.000. Sebab, pencairan BLSM tahap I langsung dirapel 2 bulan sekaligus (Juli-Agustus). "Ya langsung dua bulan sesuai dengan peraturan yang ada," kata dia.

Di kantor Pos Mampang, Herman menyebut ada sebanyak 3.032 rumah tangga sasaran (RTS) yang berhak menerima BLSM.

"Itu dari lima kecamatan, antara lain Mampang Prampatan, Pela Mampang, Bangka, Tegal Parang dan Kuningan Barat. Nanti bukanya sampai jam 5 sore (17.00 WIB)," katanya.

Pada pembagian BLSM tahap pertama ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa dan Menko Kesra Agung Laksono dijadwalkan hadir untuk memantau langsung pembagian di Kantor Pos Mampang. Empat orang polisi telah berjaga untuk mengamankan lokasi pembagian BLSM.

Seperti diketahui, PT Pos Indonesia (Persero) mendapatkan tanggung jawab membagikan BLSM kepada 15.530.897 Rumah Tangga Sasaran (RTS) di seluruh Indonesia.

Pos Indonesia mendapatkan data RTS Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan Kementerian Sosial Republik Indonesia dan sudah divalidasi oleh kedua instansi tersebut.

merdeka dot com
                                                     

Terpopuler

Terbaru

MENDES EKO: JANGAN SAMPAI DANA DESA SALAH SASARAN

MENDES EKO: JANGAN SAMPAI DANA DESA SALAH SASARAN

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,...
ALOKASI DANA DESA DI ABDYA TERANCAM TERSENDAT

ALOKASI DANA DESA DI ABDYA TERANCAM TERSENDAT

SAPA INDONESIA - ALOKASI dana desa tahun anggaran 2017 di Kabupaten...
SOSIALISASI MINIM, DANA DESA GUNAKAN SISKEUDES BIKIN TAKUT KADES SE-JOMBANG

SOSIALISASI MINIM, DANA DESA GUNAKAN SISKEUDES BIKIN TAKUT KADES SE-JOMBANG

SAPA INDONESIA - MINIMNYA sosialisasi pemberlakuan Sistem Keuangan...
BANYUMAS: PENCAIRAN DANA DESA TAHAP I TERTUNDA

BANYUMAS: PENCAIRAN DANA DESA TAHAP I TERTUNDA

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN dana desa (DD) tahap pertama tahun...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook