Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

RIAU OPTIMIS BISA CAPAI TARGET MDGS

kemiskinan-pemiskinan-rakorriau

SAPA - Provinsi Riau tampaknya tetap akan melakukan pencapaian target MDGs (Millenium Developmen Goals) untuk menurunkan angka kemiskinan. Salah satu yang menyokong turunnya angka kemiskinan tersebut adalah adanya program pemberdayaan terhadap masyarakat pedesaan, baik itu Program Nasional Pemberdayaan masyarakat Mandiri Pedesaan, atau PNPM MPd, maupun program dari pemerintah daerah seperti PPD.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Riau Mambang Mit dalam acara Rapat Koordinasi Fasilitator PNPM Mandiri Perdesaan dan PPD yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan desa, Provinsi Riau di Hotel Furaya Pekanbaru tanggal 20 dan 21- juni 2013.

"Para fasilitator ini adalah pejuang di Desa untuk mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat desa,menumbuhkan kembangkan usaha di pedesaan. desa adalah sumber kehidupan, tempat orang kota bergantung hidup, seperti pengadaan pangan semua berasal dari desa. Namun di desa jugalah angka kemiskinan cukup tinggi. Sehingga arah pembangunan harus diprioritaskan di desa," ujar wakil Gubernur Riau tersebut.

Dikesempatan yang sama, kepala badan BPM-bangdes Provinsi Riau H Daswanto mengatakan, PNPM Mpd merupakan program unggulan pemerintah yang targetnya melakukan pemberdayaan masyarakat pedesaan khususnya orang miskin. Ditambah lagi dengan program dari pemerintah provinsi.

"Tujuan Rakor ini untuk menyatukan dua kegiatan antara program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri Perdesaan ( PNPM MPd) dan kegiatan pembangunan desa usulan Pemprov Riau PPD (program pembangungan Desa) melalui UED-SP. Kalau ini bisa diintregasikan dengan baik, masih ada 900 desa lagi di Riau yang harus dientaskan. Jadi diperlukan dana Rp 450 miliar lagi untuk bisa dikucurkan selama dua tahun ke depan," tukasnya.

Dari data yang disampaikan oleh Bapeda provinsi Riau bidang ekonomi, Dr.Sabarno Dwirianto . Angka kemiskinan di Riau terus mengalami penurunan setiap tahunnya tahun 2010 8,65 %, 2011 menjadi 8,47 %, dan data terakhir 8,2 %.

Rakor fasilitator ini juga menghadirkan Kasubbid Pembangungan Menkokesra, Dr Benny. Ia menyampaikan apresiasinya terhadap pemerintah kabupaten di Riau yang cukup serius memberikan arah pembangunan di desa. Ini dibuktikan dengan tingginya tingkat Dana Usaha Bersama melebihi dari yang telah ditentukan sebelumnya.

Sampai saat ini untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 75,60 menjadi 76,7. Dan provinsi Riau menjadi urutan ketiga secara Nsional, setelah Sulawesi Utara dan DKI Jakarta. Untuk pencapaian terget MDGs saat ini tujuan utama pemerintah adalah pedesaan. Hal ini seperti yang disampaikan oleh dosen Universitas Riau Ahmad Rivai yang juga menjadi narasumber dalam pertemuan rakor ini, yakni distribusi pembangunan 6,4 % berada di kota, sedang 9,4 % berada di desa.

pekanbaru dot co
                                                     

Terpopuler

Terbaru

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...
RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

SAPA INDONESIA - RAPAT Koordinasi (Rakor) teknis tentang penanggulangan...
WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin...
KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook