Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KULONPROGO SIAPKAN RP 6,7 MILIAR UNTUK GAKIN

kemiskinan-pemiskinan-dana

SAPA - Pemkab Kulonprogo telah menyiapkan dana sebesar Rp 6,7 miliar untuk mengatasi dampak ekonomi setelah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Pemberian bantuan dilakukan untuk mengembangkan usaha produktif serta mengantisipsi warga yang belum mendapatkan Balsem.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan, anggaran tersebut akan dialokasikan bagi 6.700 kepala keluarga miskin (gakin) di Kulonprogo untuk mengembangkan usaha produktif. Hasto mengatakan warga miskin perlu mendapat Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (Balsem).

"Jika ada warga miskin yang belum dapat bantuan (Balsem), pemkab menyiapkan Rp 6,7 miliar untuk 6.700 KK miskin. Tapi ini bantuan produktif bukan konsumtif," kata Hasto.

Jumlah warga miskin di Kulonprogo 50.000 KK, sedangkan jumlah gakin penerima raskin sebanyak 36.000 KK. Sedangkan jumlah warga miskin yang akan mendapat Balsem diperkirakan mencapai 43.021 KK.

"Berdasarkan data itu, seluruh warga miskin penerima raskin di Kulonprogo akan mendapat Balsem. Namun realitanya ada data yang tidak valid, seperti ada warga yang lebih miskin namun tidak mendapat bantuan," kata Hasto.

Menyikapi persoalan tersebut, pemerintah daerah siap melakukan berbagai program mengentaskan kemiskinan di Kulonprogo. Salah satunya program Keluarga Asuh Keluarga Binangun (KAKB) yang bertujuan mendorong ekonomi produktif rumah tangga dengan memberdayakan KK miskin.

"Satu kelompok yang tergabung dalam KAKB terdiri dari enam keluarga miskin dan empat keluarga sejahtera. Saat ini di Kulonprogo ada 100 kelompok KAKB, telah disiapkan aggaran Rp 1 miliar sehingga setiap kelompok menerima Rp 1 juta," jelas Hasto.

Kepala Bidang Sosial Dinsosnakertrans Kulonprogo Arief Prastowo belum mendapatkan informasi terkait penyaluran Balsem. Jumlah Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) penerima raskin di Kulonprogo 43.021 KK.

Namun berdasar survei Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan jumlah warga miskin di Kulonprogo jauh lebih sedikit dari angka penerima raskin.

radarjogja dot co dot id
                                                                Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - Balsem - BBM - KAKB - RTSM

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook