Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

RAKOR TKPK KEPULAUAN MERANTI

kemiskinan-pemiskinan-bupati-meranti

SAPA - Kabupaten Kepulauan Meranti masih dihadapkan dengan persoalan tingkat kemiskinan yang cukup tinggi. Untuk mengatasinya diperlukan kerjasama dan koordinasi. Kemudian mengedepankan persamaan persepsi dan misi.

Hal ini dikatakan Bupati Kepulauan Meranti, Irwan saat membuka Rakor TKPK tentang Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah, Kamis (4/7) kemarin di Grand Meranti Hotel Selatpanjang.

"Kepulauan Meranti masih dihadapkan persoalan kemiskinan. Di Riau saja kita sebagai kabupaten yang tingkat kemiskinan masyarakatnya tertinggi. Bahkan termasuk salah satu jajaran kabupaten/kota termiskin di Indonesia. Inilah menjadi PR yang harus terus dientaskan," kata Bupati.

Dalam pandangan Irwan, penanggulangan kemiskinan mesti dimulai dari bagaimana Pemerintah bisa membuat perut masyarakat bisa kenyang, sehingga mereka tidak ribut. Kemudian penanganan soal sehat, dan juga berpendidikan.

"Jika masyarakat bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari mereka tak akan ribut. Itu perlu didukung dengan kesehatan, sebab kalau perut kenyang tapi tidak sehat sama saja dengan tidak. Selanjutnya, jika perut kenyang, badan sehat, tapi tidak punya pendidikan justeru akan menyulitkan mereka. Kita perlu membuka peluang kerja untuk menekan angka pengangguran itu," ucapnya.

Menurut dia, bila tingkat kemiskinan makin merajalela, maka tidak menutup kemungkinan akan memicu tingginya tindakan kriminalitas ditengah masyarakat, seperti tindakan pencurian. Apalagi dengan kurangnya lapangan pekerjaan yang dibutuhkan. "Selain itu keimanan juga perlu selalu mendukung dan didorong untuk ditingkatkan. Apalagi mayoritas penduduk Kepulauan Meranti ini beragama Islam," tuturnya.

Ketua Pokja Kebijakan Bidang Advokasi Daerah dari pemerintahan pusat, M Arif Tasrif, dalam paparan singkatnya menyampaikan bahwa Kepulauan Meranti adalah sebagai daerah yang patut cepat didorong penanggulangan kemiskinan. Namun dalam hal ini, upaya yang dilakukan harus pula dengan optimis.

"Saya melihat Kepulauan Meranti ini sebuah kabupaten pemekaran yang dinamis dan strategis. Dari itulah, kita harus optimis terhadap apa yang diprogramkan, terlebih menyangkut soal penanggulan kemiskinan ditengah masyarakat," ujarnya.

Paparnya lagi, bahwa secara keseluruhan di 2012, Indonesia mengalami kenaikan tingkat kemiskinan yang berada di 8 provinsi. Sementara untuk di Provinsi Riau ini sendiri, menurut dia, mengalami penurunan.

Pembukaan Rakor TKPK yang berlangsung selama dua hari, mulai Kamis (4/7) hingga Jumat (5/7) tersebut kemarin juga dihadiri Plt Sekda H Iqaruddin, Kepala Bappeda Mohammad Azza Faroni, narasumber dari TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan) Muhammad Arif Tasrif. Sejumlah Kepala SKPD, dan dari DPRD yang dihadiri oleh anggota dewan Edi Mashudi.

merantionline dot com

Terpopuler

Terbaru

MENDES INGIN MASYARAKAT KAWAL DANA DESA KARENA RENTAN PENYELEWENGAN

MENDES INGIN MASYARAKAT KAWAL DANA DESA KARENA RENTAN PENYELEWENGAN

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,...
LPJ BELUM MASUK, PENCAIRAN DANA DESA TAHAP 1 TERHAMBAT

LPJ BELUM MASUK, PENCAIRAN DANA DESA TAHAP 1 TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - LAPORAN hasil kegiatan penggunaan dana desa...
PKH PANGKAS 250 RIBU WARGA MISKIN

PKH PANGKAS 250 RIBU WARGA MISKIN

SAPA INDONESIA - TAHUN 2017 ini Kementerian Sosial (Kemensos)...
TAGIH DANA DESA RP 54 MILIAR, 119 KADES DI NUNUKAN MOGOK BEKERJA

TAGIH DANA DESA RP 54 MILIAR, 119 KADES DI NUNUKAN MOGOK BEKERJA

SAPA INDONESIA - RATUSAN kepala desa di wilayah perbatasan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook