Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PNPM MANDIRI IKUT TEKAN ANGKA KEMISKINAN DI GORONTALO

kemiskinan-pemiskinan-pnpmlogo

SAPA - Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan dinilai telah ikut serta menekan angka kemiskinan di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Gorontalo, Ayuba Hida, Rabu, memaparkannya kepada tim studi banding Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, Provinsi Jawa Timur, dalam agenda kunjungannya di daerah itu.

Ayuba mengatakan, PNPM Mandiri adalah salah satu terobosan cerdas pemerintah yang sangat efektif dalam upaya pengentasan kemiskinan, dan peningkatan ketahanan ekonomi masyarakat.

Sehingga, Pemkab Gorontalo terus menjaga komitmennya, dalam mengawal pelaksanaan program PNPM yang telah berdampak langsung pada penurunan angka kemiskinan di daerah ini.

Pada tahun 2010 lalu, angka kemiskinan di daerah itu mencapai 21,13 persen, namun di tahun 2011 turun menjadi 18,17 persen. Penurunan angka tersebut, berkat keberhasilan pelaksaanaan PNPM yang mampu menjalankan program pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan usaha kecil dan menengah.

Kemudian ada sistem simpan pinjam kelompok perempuan, maupun bantuan di bidang pertanian, peternakan, perikanan, pendidikan dan program layanan kesehatan kepada masyarakat.Keberhasilan daerah ini dalam menjalankan program PNPM terintegrasi, didukung oleh sistem dan pengawasan yang melibatkan seluruh unsur masyarakat, pemerintah daerah maupun para anggota legislatif. "PNPM Integrasi mampu dilaksanakan berdasarkan RPJM-Desa dan turunannya yang berhasil dijalankan hingga saat ini," ungkap Ayuba.

Tim studi banding pemkab Blitar, diterima langsung di kantor Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) PNPM Mandiri Tibawa.

Ketua tim dari Pemkab Blitar, Agus Budi Handoko, mengatakan tujuan studi banding tersebut, untuk mempelajari upaya pemkab Gorontalo dalam pengembangan pemerintahan desa, khususnya pemberian kewenangan kepada desa serta perencanaan pembangunan desa. Serta mempelajari penyelenggaraan PNPM Mandiri Perdesaan yang mampu menekan angka kemiskinan di daerah itu.

harian-pelita dot pelita online dot com

Terpopuler

Terbaru

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...
RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

SAPA INDONESIA - RAPAT Koordinasi (Rakor) teknis tentang penanggulangan...
WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin...
KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook