Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

SEMUA SISWA MISKIN DI SRAGEN BAKAL DAPAT BSM

kemiskinan-pemiskinan-bsm-sragen

SAPA - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Sragen, Joko Saryono memastikan semua siswa miskin yang bersekolah negeri maupun swasta di semua jenjang sekolah dari SD-SMA akan mendapatkan dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) dari pemerintah pusat. Dana yang digelontorkan dari APBN Perubahan 2013 itu diperkirakan akan cair pada Agustus 2013 ini.

Kabar tersebut disampaikan Joko seusai mengikuti Rapat Koordinasi dan Sosialisasi di Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) yang dilaksanakan mulai 1 Juli hingga 3 Juli 2013 lalu di Jakarta. Kepada Joglosemar, ia mengatakan dalam rapat tersebut, dari Kemendiknas menyampaikan untuk semester kedua tahun 2013 ini, nantinya dana BSM akan diberikan kepada semua siswa miskin yang ada. Hal itu berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di mana BSM hanya diberikan sesuai kuota sehingga tidak semua siswa miskin mendapatkannya.

"Jadi nanti semua siswa miskin yang terdata akan diusulkan mendapatkan BSM. Itu di luar dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan langsung diberikan untuk kepentingan personal siswa. Misalnya, membeli seragam, membeli buku, tas, dan lain-lain," paparnya, Jumat (5/7).

Menurut Joko, kriteria siswa penerima BSM tersebut adalah siswa yang orangtuanya telah memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Selain itu, bagi mereka yang telah terdaftar sebagai Program Keluarga Harapan (PKH) dan yatim piatu. Namun demikian siswa yang orangtuanya belum memiliki KPS masih bisa dimasukkan sebagai calon penerima BSM dengan kriteria di antaranya terancam putus sekolah, mempunyai kelainan fisik, dan mengalami musibah yang berkepanjangan seperti orangtuanya terkena PHK.

"Makanya kami akan segera berkoordinasi dengan UPTPK dan memanggil kepala sekolah untuk menyosialisasikan pendataan ini. Harapannya Juli ini data semua siswa miskin dari SD-SMA sudah ter-cover dan segera diusulkan," terangnya.

Tidak hanya itu, besaran BSM yang akan digelontorkan nanti nominalnya juga akan bertambah dari yang sudah berjalan. Di mana per semester ada tambahan dana kemanfaatan sebesar Rp 200.000 yang diberikan sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Sehingga besaran BSM yang akan diterima nanti, untuk siswa SD/MI menerima Rp 425.000 per semester, SMP/MTs Rp 575.000 per semester, dan SMA/SMK/MA menerima Rp 700.000 per semester. BSM bisa diambil di kantor pos.

joglosemar dot co

Terpopuler

Terbaru

SEBELUM DICIDUK TIM SABER PUNGLI, DPMD SUDAH PERINGATKAN KADES

SEBELUM DICIDUK TIM SABER PUNGLI, DPMD SUDAH PERINGATKAN KADES

SAPA INDONESIA - DINAS Pemberdayaan Masyarakat dan Desa telah...
JOKOWI INGATKAN MASYARAKAT TAK PAKAI DANA BANTUAN UNTUK BELI PULSA

JOKOWI INGATKAN MASYARAKAT TAK PAKAI DANA BANTUAN UNTUK BELI PULSA

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan...
161 DESA BELUM MENYERAHKAN PERSYARATAN PENCAIRAN

161 DESA BELUM MENYERAHKAN PERSYARATAN PENCAIRAN

SAPA INDONESIA - SEBANYAK 161 desa di Wonogiri belum memenuhi...
DANA DESA DIPRIORITASKAN ENTASKAN KEMISKINAN

DANA DESA DIPRIORITASKAN ENTASKAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - WAKIL Menteri Keuangan Mardiasmo melakukan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook