Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

86,4 JUTA JIWA PENDUDUK INDONESIA TELAH MENIKMATI JAMKESMAS

kemiskinan-pemiskinan-wamenkes1

SAPA - Meskipun dalam pelaksanaan Jaminan Kesahatan Masyarakat atau Jamkesmas masih sering dijumpai adanya permasalahan teknis, namun Wakil Menteri Kesehatan RI, Ali Gufron Mukti, mengklaim jumlah penduduk Indonesia yang telah menikmati layananan Jamkesmas telah mencapai 86,4 juta jiwa, atau sudah melebihi jumlah data warga miskin di Indonesia yang dirilis oleh BPS. Menurut data BPS, jumlah warga miskin di Indonesia saat ini sekitar 29 juta jiwa atau 11,5 % dari jumlah penduduk Indonesia.

Ditemui usai menjadi pembicara pada peluncuran dan diskusi buku percepatan pembangunan kesehatan di Indonesia karya mantan Direktur WHO yang juga alumnus Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta, Hapsara Habib Rahmat, Sabtu (6/7) pagi, Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron Mukti menyatakan, saat ini jumlah penduduk di Indonesia yang telah menikmati program Jaminan Kesehatan Masyarakat—Jamkesmas mencapai 86,4 juta jiwa, yang artinya sudah melebihi data jumlah penduduk miskin daru BPS yang jumlahnya sekitar 29 juta jiwa atau sekitar 11,% dari jumlah penduduk. Untuk memeratakan pembangunan kesehatan di Indonesia, saat ini kementrian kesehatan telah memberikan dukungan dana untuk pengelolaan Puskesmas, dengan besaran yang bervariasi, yakni 75 juta rupiah untuk wilayah Jawa serta 350 juta rupiah untuk Puskesmas yang ada di daerah perbatasan dan kepulauan seperti Papua dan NTT.

Sementra itu dalam bukunya Hapsoro Habib Rahmat, menyatakan pembangunan kesehatan di Indonesia terkesan masih ada ketimpangan antara pembangunan kesehatan yang ada di pulau Jawa dengan daerah lain, khususnya di Indonesia bagian timur. Selain itu pemerintah juga belum mampu memberdayakan masyarakat dalam setiap program pembangunan kesehatan sehingga masyarakat hanya menjadi objek dan sulit untuk mandiri.

jogjatv dot tv

Terpopuler

Terbaru

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...
RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

SAPA INDONESIA - RAPAT Koordinasi (Rakor) teknis tentang penanggulangan...
WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin...
KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook