Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TKPK SAMBAS GELAR RAKOR PENANGGULANGAN KEMISKINAN

kemiskinan-pemiskinan-sambas-logo

SAPA - Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kab Sambas menggelar rapat koordinas program penanggulangan kemiskinan. Rapat digelar di Aula Bappeda Kab Sambas, Senin (8/7) dibuka Wakil Bupati Sambas, DR Pabali Musa MAG, didampingi Kepala BAPPEDA Kab Sambas Ir Tamhiriani, dihadiri Kadis Porabudpar, Kadis Capilduk, Kepala BPS, Staf Ahli Bupati Sambas Ir Hasanusi, Kadis Kumindag, Kadis Sosnakertrans, Kepala BKP4K dan beberapa undangan lainnya. Disebutkan Kepala Bappeda, latar belakang digelarnya rakor, diantaranya kebijakan pemerintah untuk menyehatkan perekonomian dengan mengurangi subsidi BBM yang berpotensi menurunkan tingkat kesejahteraan masyarakat, utamanya rumah tangga miskin dan rentan.

"Untuk itu pemerintah mempersiapkan langkah-langkah antisipatif guna mempertahankan tingkat kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah dengan menyiapkan program percepatan dan perluasan perlindungan sosial dan program kompensasi khusus yang menyasar rumah tangga miskin dan rentan," terang dia. Peran TKPK daerah jelas dia sangat diharapkan agar program penanggulangan kemiskinan termasuk P4S dalam menjaga dan meningkatkan kesejahteraan rumah tangga miskin dan rentan menjadi lebih efektif.

Wakil Bupati Sambas, menegaskan program penanggulangan kemiskinan di Kab Sambas, tetap mengacu pada pemerintah pusat. Ada beberapa cluster program penanggulangan kemiskinan di Kab Sambas, dijelaskan Pabali Musa seperti kelompok program bantuan sosial terpadu berbasis keluarga. Ini kata dia bertujuan untuk melakukan pemenuhan hak dasar, pengurangan beban hidup dan perbaikan kualitas hidup masyarakat miskin. "Cluster kelompok pertama ini seperti program keluarga harapan, program beras untuk rumah tangga miskin atau raskin, jamkesmas, program bantuan pendidikan untuk rumah tangga miskin atau BSM dan bantuan langsung sementara masyarakat," tegas Wabup.

Cluster kelompok kedua yakni kelompok program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat dengan tujuan mengembangkan potensi dan memperkuat kapasitas kelompok masyarakat miskin untuk terlibat dalam pembangunan yang didasarkan pada prinsip-prinsi pemberdayaan masyarakat. Cluster kelompok kedua ini lanjut dia adalah program nasional pemberdayaan masyarakat. "PNPM hingga saat ini Alhamdulillah masih termasuk yang tepat sasaran," Jelas Pabali Musa.

Cluster lainnya terang Wabup Program Kredit Usaha Rakyat maupun program pro rakyat lainnya. Diakui dia, hingga saat ini sudah terdapat laporan-laporan terkait sasaran BLSM yang tidak tepat sasaran. Pabali Musa mengenai hal itu meminta masyarakat penerima BLSM tetapi sebenarnya tidak layak menerima agar tergugah hatinya guna menyerahkan kepada yang lebih berhak. "Saya berharap semua komponen masyarakat mendukung agar memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat terutama mengenai sasaran yang lebih berhak menerima," harap dia.

sambas dot go dot id

Terpopuler

Terbaru

KE ISTANA, BIBIT SAMAD BAHAS DANA DESA DENGAN TETEN MASDUKI

KE ISTANA, BIBIT SAMAD BAHAS DANA DESA DENGAN TETEN MASDUKI

SAPA INDONESIA - KETUA Satgas Dana Desa Bibit Samad Rianto...
60 PERSEN DESA SUDAH TERAPKAN SISTEM INFORMASI

60 PERSEN DESA SUDAH TERAPKAN SISTEM INFORMASI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)...
PENURUNAN DANA DESA GUNUNGKIDUL BELUM DISOSIALISASIKAN

PENURUNAN DANA DESA GUNUNGKIDUL BELUM DISOSIALISASIKAN

SAPA INDONESIA - PAGU anggaran dana desa 2018 dari Pemerintah...
AWASI DANA DESA, KAPOLDA MOU DENGAN GUBERNUR JATIM

AWASI DANA DESA, KAPOLDA MOU DENGAN GUBERNUR JATIM

SAPA INDONESIA - KAPOLDA Jatim Irjen Pol Mahfud Arifin melakukan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook