Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DANA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KOTA MALANG BERTAMBAH

 Budget

SAPA - Dana penanggulangan kemiskinan di Kota Malang, Jawa Timur, tahun ini bertambah cukup besar, yakni sebesar Rp5 miliar, sehingga jumlah keseluruhannya mencapai Rp176,5 miliar dari Rp171,7 miliar pada tahun 2012.

Kabag Perekonomian Kota Malang Moch Kharis, Minggu (14/7), mengatakan penambahan anggaran untuk penanggulangan kemiskinan tersebut bukan berarti jumlah warga miskin (gakin) bertambah, namun semata-mata karena kepedulian untuk menanggulangi kemiskinan di daerah ini.

"Anggaran sebesar Rp176,5 miliar tersebut dialokasikan di sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait, seperti Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pendidikan (Diknas), Dinas Sosial (Dinsos) maupun Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM)," katanya, menambahkan.

Di Dinkes misalnya, program untuk penanggulangan kemiskinan diwujudkan dalam bentuk pelayanan kesehatan penduduk miskin di puskesmas yang dananya dianggarkan sebesar Rp25,5 miliar, perbaikan gizi masyarakat sebesar Rp3,4 miliar, revitalisasi pelayanan gizi di posyandu sebesar Rp1,5 miliar.

Sedangkan di BKBPM, lanjutnya, ada kucuran dana hibah sebesar Rp500 juta di 57 kelurahan, peningkatan pemberdayaan kelurahan Rp4 miliar serta fasilitas pemberdayaan PKK Kota Malang sebesar Rp600 juta.

Sementara di Diknas, program penanggulan kemiskinan diimplementasikan untuk dana biaya operasional sekolah daerah (bosda) di SD sebesar Rp23,7 miliar, SMP sebesar Rp12,7 miliar serta bantuan khusus siswa miskin di SMA/SMK sebesar Rp5,5 miliar dan bantuan kesejahteraan pendidik sebesar Rp7,8 miliar.

Anggaran penanggulangan kemiskinan tersebut, menurutnya, dibagi menjadi empat kelompok, yakni bantuan dan perlindungan berbasis keluarga, pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM), program pasar murah serta pemberdayaan masyarakat.

Ia mengemukakan, program penyaluran dana penanggulangan kemiskinan tersebut juga berubah-ubah. Pada tahun 2011 dan 2012, hanya dibagi menjadi tiga kelompok dan tahun ini empat kelompok.

"Kucuran dana penanggulangan kemiskinan yang terus bertambah ini diharapkan mampu mengurangi jumlah gakin di Kota Malang. Berdasarkan data Badan Pusat Statustik (BPS) 2011, jumlah gakin di Kota Malang masih sebanyak 26.732 jiwa," ucapnya.

aktual dot co

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook