Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

JABAR TARGETKAN ANGKA KEMISKINAN TURUN 4,1 PERSEN TAHUN 2018

Budget

SAPA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menargetkan penurunan angka kemiskinan 4,1 persen pada tahun 2018 dari jumlah penduduk Jawa Barat 44.548.432 jiwa yang semula angka kemiskinan tercatat 9,89 pada tahun 2012 lalu.

Hal ini akan tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2016 di Jabar yang pada 2012. Guna mencapai target tersebut, Pemprov Jabar telah menyiapkan berbagai program sekaligus memasukkan janji-janji gubernur dan wakil gubernur dan disesuaikan dengan visi dan misinya.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, semasa pemerintahannya periode pertama, jumlah angka kemiskinan turun 3-4 persen dari 13,55 persen pada 2007. Dalam periodenya yang kedua, gubernur berharap angka kemiskinan bisa turun paling tidak satu persen setiap tahunnya.

"Hal ini bisa dicapai dengan memiliki program detail dalam memberantas kemiskinan. Kemiskinan itu bisa diselesaikan dalam jangka panjang dengan pendidikan dan mekanisme ekonomi,' ujarnya di Bandung, Selasa (16/7).

Namun kata Heryawan, karena ada orang yang tidak terdidik maka dia tidak punya akses. Mereka dari kalangan seperti itu, tidak bisa dengan program ekonomi melainkan program advokasi.

"Prinsip penanggulangan kemiskinan harus memiliki sasaran yang jelas yaitu Rumah Tangga Sasaran (RTS) sesuai Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) 2011. Dia memerintahkan setiap program-program penanggulangan kemiskinan harus diarahkan pada orang-orang tersebut. Meski ada kerumitan dalam prosesnya dan kesalahan pendataan, menurut Heryawan hal itu tidak menjadi masalah tetapi harus diperbaiki terus-menerus,' paparnya.

Fokus penanganan kemiskinan ini menurut Heryawan juga, harus disesuaikan pula dengan lokasi sebarannya. Dengan catatan bagi RTS berkemampuan terbatas secara fisik harus diberi bantuan sosial. Sedangkan bagi RTS yang masih memiliki kemampuan fisik dan intelektual harus diberi pendekatan masyarakat bekerja.

"Mereka harus diberdayakan pikirannya, karakternya, dan ekonominya. Kita jangan lagi terus-menerus memelihara karakter kemiskinan karena kalau kita memberi bantuan tanpa karakternya diubah, mereka akan tetap miskin. Anak-anak orang miskin ini juga harus disekolahkan agar terhindar dari jerat kemiskinan,' paparnya.

Kendati demikian kata dia, semua juga melihat berbagai program dan langkah yang akan ditempuh pemerintah memiliki tantangan seperti rendahnya produktivitas tenaga kerja karena tingkat pendidikan yang rendah, terjadinya migrasi dan urbanisasi karena minimnya aktivitas perekonomian di desa, kualitas sumber daya manusia (SDM) rendah, jumlah penganggur tinggi, disparitas Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tinggi, kondisi infrastruktur dan kesehatan yang masih perlu ditingkatkan, dan lainnya.

"Meski banyak tantangan, capaian kami ke depan ada pertumbuhan ekonomi tinggi, kemiskinan menurun, ketimpangan pendapatan rendah, tingkat pengangguran menurun, IPM bisa menungkat, dan tercipta daya saing yang kuat,' ujarnya tegas.

Ada 8 janji kampanye Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar masuk dalam RPJMD. Ke-8 janji politis tersebut antara lain, pendidikan gratis untuk SD, SMP, dan SMA, beasiswa pendidikan untuk pemuda, tenaga medis, dan keluarga atlet berprestasi dan guru, revitalisasi posyandu dan dana operasional kader posyandu, membuka dua juta lapangan kerja baru dan mencetak 100.000 wirausaha baru, mengalokasikan Rp4 triliun anggaran untuk infrastruktur desa, rehabilitasi 100.000 rumah rakyat miskin, pembangunan pusat seni dan budaya Jabar di kab/kota, dan pembangunan gelanggang olahraga di kab/kota.

jurnas dot com

Terpopuler

Terbaru

JOKOWI INGIN PENDUDUK DAPAT LAYANAN INFRASTRUKTUR LEWAT DANA DESA

JOKOWI INGIN PENDUDUK DAPAT LAYANAN INFRASTRUKTUR LEWAT DANA DESA

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH terus meningkatkan alokasi dana...
PRESIDEN: RP 2.204,4 TRILIUN FOKUS UNTUK KURANGI KEMISKINAN

PRESIDEN: RP 2.204,4 TRILIUN FOKUS UNTUK KURANGI KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo mengatakan, kebijakan...
KPK INGATKAN PARA KADES AGAR DANA DESA UNTUK KEPENTINGAN WARGA

KPK INGATKAN PARA KADES AGAR DANA DESA UNTUK KEPENTINGAN WARGA

SAPA INDONESIA - WAKIL Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (...
DANA DESA CAPAI RP127 TRILIUN, DPR: UANG BESAR MARAK PENYIMPANGAN!

DANA DESA CAPAI RP127 TRILIUN, DPR: UANG BESAR MARAK PENYIMPANGAN!

SAPA INDONESIA - PENYALURAN dana desa di era kepemimpinan Presiden...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook