Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

GUBERNUR JABAR PANGKAS DANA BOS UNTUK SEKOLAH GRATIS

kemiskinan-pemiskinan-aher

SAPA - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta kepada masyarakat untuk bersabar, terkait desakan sekolah gratis sampai tingkat SMA. Dia berjanji tidak akan berbohong dan terus mengupayakan, agar semua siswa di Jawa Barat bebas biaya pendidikan.

"Iya pasti akan dipenuhi, hanya saja untuk memenuhi 1,5 juta orang kan tidak sederhana. Mohon sabar saya tidak akan bohong," kata Ahmad Heryawan (Aher) di Bandung, Kamis (18/7).

Untuk merealisasikan janjinya itu, Aher akan memangkas separuh anggaran 2013 dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Jawa Barat, untuk pendidikan. Hal itu sudah dimasukan dalam rancangan anggaran perubahan 2013.

Karena keterbatasan anggaran daerah, saat ini Aher memberlakukan pemotongan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) khususnya SMA. Kalau dulu tiap siswa mendapat Rp 1,2 juta per tahun, kini turun menjadi Rp 600 ribu.

"Makannya sekarang kita turunkan sebagian dari pusat itu Rp 600 ribu per orang. Dari provinsi Rp 100 ribu per orang. Itu hanya enam bulan-kan, nah kalau tahun depan akan penuh," janjinya.

Aher mengaku tidak tinggal diam. Berbagai rancangan telah dilakukan agar target 2014 siswa SD hingga SMA sepenuhnya bisa gratis.

"Saya katakan ini sudah mulai dirancang, tapi tahapan lebih lanjut sempurna lagi di awal Januari 2014. Mohon sabar saja," terangnya.

Untuk diketahui, pasangan Aher-Deddy Mizwar saat kampanye pada Pilgub Jabar 2013 lalu menjanjikan pendidikan SMA atau SMK di Jabar gratis memasuki ajaran baru Juli 2013. Dengan janji tersebut dikatakan Koordinator Investigasi Koalisi Pendidikan Jabar, Dwi Subianto membuat sebagian warga terbuai untuk menentukan pilihan kepada pasangan ini.

"Pemprov dan Pemerintah pusat kata beliau akan menyalurkan BOS, khususnya SLTA seorang siswa akan mendapat bantuan pendidikan sebesar Rp 1,2 juta per tahun," terangnya.

artikelarunals dot com

Terpopuler

Terbaru

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

SAPA INDONESIA - BADAN Usaha Milik Desa (BUMDES) perlu untuk...
YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

SAPA INDONESIA - KETUA Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh...
BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

SAPA INDONESIA - PRODUK jenis jagung di Bengkulu Selatan jadi...
BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Purwakarta Dedi Mulyadi mengumpulkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook