Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMKAB BEKASI BEDAH 4.500 RUMAH TAK LAYAK HUNI

kemiskinan-pemiskinan-rtlh3

SAPA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengalokasikan anggaran Rp27 miliar untuk kegiatan bedah rumah. Kegiatan yang akan digelar September 2013 itu akan menyasar sebanyak 4.500 unit rumah tak layak huni.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bekasi Abdul Karim mengatakan bahwa rumah tidak layak huni yang ada saat ini tersebar di 23 kecamatan dan 182 desa di Kabupaten Bekasi.

"Pembangunan rumah sasaran itu kami targetkan selesai sekitar satu bulan. Anggaran yang digunakan bersumber dari APBD Perubahan Kabupaten Bekasi," ujarya, Kamis (15/8/2013).

Karim menjelaskan, setiap satu rumah sasaran mendapatkan alokasi dana masing-masing sebesar Rp 6 juta.

Rumah yang masuk kategori tidak layak huni adalah rumah yang beratap bocor, tidak memiliki pintu, lantai tidak dikeramik, dan dinding rumah masih terbuat dari anyaman bambu.

Sebenarnya, kata Karim, masih banyak lagi rumah yang tak layak huni di wilayah Kabupaten Bekasi, namun alokasi anggaran tahun ini hanya cukup untuk menjangkau 4.500 unit rumah.

"Selebihnya nanti akan kami anggarkan kembali di APBD Kabupaten Bekasi 2014 dan APBD Perubahan," imbuhnya. Kegiatan bedah rumah itu diharapkan dapat mengurangi jumlah rumah tak layak huni di Kabupaten Bekasi.

"Kegiatan ini akan terus dilakukan secara periodik agar rumah tidak layak huni bisa kian berkurang," paparnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi Slamet Supriyadi menambahkan, rumah yang akan dibedah tersebut sesuai data yang ada di Kementerian Perumahan dan Pemukiman Republik Indonesia.

Kegiatan bedah rumah itu juga untuk mendukung program pemerintah pusat dalam rangka mempercepat pengentasan kemiskinan di daerah, termasuk salah satunya di wilayah Kabupaten Bekasi.

Rumah sasaran renovasi itu harus memiliki bukti surat tanah atas nama sendiri, bukan milik orang lain atau mengontrak. Persyaratan itu diperlukan agar bantuan tepat sasaran sehingga langsung bisa diterima warga.

Bedah rumah akan akan dilakukan di tujuh kecamatan, diantaranya di Kecamatan Tarumajaya dan Pebayuran masing-masing sebanyak 1.000 unit rumah.

Sedangkan di Kecamatan Sukawangi, Bojongmangu, Cibarusah, Muara Gembong dan Cabangbungin masing-masing 200 unit rumah.

Sesuai data Kementerian Perumahan, kata dia, rumah tak layak huni itu terbanyak berada di dua kecamatan yakni di Tarumajaya dan Pebayuran.

"Dua kecamatan itu menjadi lokasi bedah rumah yang diprioritaskan tahun ini, karena jumlahnya mencapai 2.000 rumah," ungkapnya.

wartakota dot tribunnews dot com
                                                                  Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPK - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...
RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

SAPA INDONESIA - RAPAT Koordinasi (Rakor) teknis tentang penanggulangan...
WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin...
KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook