Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

RAPAT KOORDINASI TKPK: KOMITMEN TANGGULANGI KEMISKINAN DI BADUNG

TKPKD

SAPA - Walaupun dalam waktu dekat Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Sudikerta akan segera menduduki jabatan barunya sebagai Wakil Gubernur Bali, namun tidak menyurutkan komitmennya untuk menuntaskan persoalan kemiskinan di Kabupaten Badung. Terbukti, Jumat (16/8) di Puspem Badung, Wabup. Sudikerta selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Badung didampingi Kepala Bappeda dan Litbang Badung selaku Sekretaris TKPK melaksanakan Rapat Koordinasi TKPK guna mengevaluasi sekaligus menyusun program perencanaan pembangunan yang berorientasi pada upaya konkrit untuk menjawab persoalan kemiskinan di Badung.

Dalam rapat TKPK yang melibatkan lintas sektor tersebut, Sudikerta menekankan bahwa pentingnya program-program inovatif yang dilaksanakan oleh masing-masing SKPD dalam rangka mengembangkan dan mengelola potensi daerah sehingga bisa membedah persoalan kemiskinan yang walaupun capaian di Kabupaten Badung senantiasa menunjukkan adanya penurunan secara signifikan. "Penanggulangan kemiskinan menjadi salah satu indicator dari pencapaian Millenium Development Goals (MDGs) tahun 2015," katanya.

Untuk itu dalam program di tahun 2014, Sudikerta mengharapkan adanya peningkatan bantuan Usaha Ekonomi Produktif bagi Rumah Tangga Sasaran (RTS) dari Rp. 2,5 juta menjadi Rp. 4 juta di tahun 2014 mendatang. Begitu pula peningkatan kualitas rumah sehat bagi RTS juga perlu ditingkatkan dari Rp. 12 juta menjadi Rp. 17 hingga 20 juta. Selain itu sektor UMKM juga perlu mendapat perhatian khusus, karena dengan berkembangnya UMKM akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di pedesaan yang berimpikasi pula pada penurunan angka pengangguran dan kemiskinan di Badung.

Sementara itu Kepala Bappeda & Litbang Badung I Wayan Suambara selaku Sekretaris TKPK Badung menyampaikan, program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Badung mengacu paca Program Perlindungan Sosial (PPLS) Pusat berdasarkan survey data dari Badan Pusat Statistik (BPS). Program penanggulangan kemiskinan di Badung diantaranya program berbasis perlindungan sosial dan keluarga, program berbasis pemberdayaan masyarakat, program berbasis usaha mikro kecil dan menengah serta program lainnya yang pro rakyat.

"Total anggaran untuk pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan di tahun 2013 ini mencapai Rp. 127 M lebih," jelasnya. Kata Suambara, mengentaskan kemiskinan memang sulit dilakukan, namun Pemkab Badung terus berupaya melalui program pro rakyat dan dukungan dari dunia usaha melalui bantuan CSR setidaknya akan mampu menanggulangani sekaligus menekan angka RTS di Badung. Suambara menambahkan, rapat Koordinasi TKPK ini guna mengevaluasi sejauhmana pelaksanaan program yang telah dan sedang dijalankan sehingga dari masukkan maupun gagasan yang muncul akan diakomodir guna penyempurnaan program pengentasan kemiskinan di tahun 2014 nanti.

metrobali dot com
                                                      Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPK - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KERJA 2018 ADALAH AKSELERASI, ARAH PERTUMBUHAN KE EKONOMI KAWASAN

KERJA 2018 ADALAH AKSELERASI, ARAH PERTUMBUHAN KE EKONOMI KAWASAN

SAPA INDONESIA - RENCANA kerja pemerintah pada 2018 adalah...
MENEMUKAN KORUPSI DANA DESA? HUBUNGI NOMOR INI...

MENEMUKAN KORUPSI DANA DESA? HUBUNGI NOMOR INI...

SAPA INDONESIA - SAAT ini pembahasan potensi korupsi dana desa...
BANYAK KADES YANG BELUM BISA BUAT RAPB DESA

BANYAK KADES YANG BELUM BISA BUAT RAPB DESA

SAPA INDONESIA - KETUA Satgas Dana Desa Bibit Samad Riyanto...
JOKOWI INGIN PENDUDUK DAPAT LAYANAN INFRASTRUKTUR LEWAT DANA DESA

JOKOWI INGIN PENDUDUK DAPAT LAYANAN INFRASTRUKTUR LEWAT DANA DESA

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH terus meningkatkan alokasi dana...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook