Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENANGGULANGAN KEMISKINAN: RP. 15 JUTA CUKUP UNTUK BEDAH RUMAH

kemiskinan-pemiskinan-rtlh-bali

SAPA - Kemiskinan masih menjadi persoalan serius bangsa ini. Salah satu indikator kemiskinan adalah ketidakmampuan untuk memiliki rumah layak huni, selain indikator lainnya seperti ketidakmampuan memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, kesehatan dan pendidikan.

Tak satupun provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia ini terbebas dari persoalan kemiskinan penduduknya. Berbagai program untuk mengurangi angka kemiskinan banyak dilakukan. Ada daerah yang mampu menekannya, tetapi tidak jarang di daerah-daerah justru angka kemiskinan bertambah.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Bali Tahun 2012 menunjukkan penduduk miskin di Bali mencapai 168.800 jiwa (hasil survey bulan Maret 2012), meningkat dibandingkan Tahun 2011 yang jumlahnya sebanyak 166.200 jiwa.

Salah satu program yang dilakukan pemerintah untuk menekan angka kemiskinan adalah dengan melakukan Bedah Rumah KK Miskin yang tidak layak huni menjadi Rumah Layak Huni. Milyaran rupiah APBD pun dikucurkan untuk membangun rumah layak huni, baik oleh Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten. Di Pulau Dewata, Pemprov Bali mengucurkan dana mencapai Rp. 25 juta untuk satu unit bedah rumah di seluruh kabupaten kota di Bali. Begitu pula halnya dengan Pemerintah Kabupaten juga tidak tinggal diam.

Pemkab Jembrana misalnya, juga melakukan program bedah rumah. Hanya saja jumlah dana yang dikucurkan lebih rendah dari Pemprov Bali. Untuk membedah rumah KK Miskin menjadi Rumah yang Layak Huni, Pemkab Jembrana menilai dana Rp. 15 juta sudah cukup, itupun sudah termasuk pajaknya.

Type rumah yang dibangun pun tidak jauh berbeda dengan type bedah rumah Pemprov Bali. Rumah Layak Huni untuk KK Miskin ala Jembrana, berukuran 3 x 4 Meter beratap asbes, dinding batako, pintu kayu terdiri dari dua kamar tidur dan teras.

Pemkab Jembrana memprogramkan 102 unit Rumah Layak Huni untuk KK Miskin setiap tahunnya yang tersebar di lima kecamatan yaitu Melaya, Negara, Jembrana, Mendoyo dan Pekutatan. Pengerjaannya dilakukan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang ada di desa dalam jangka waktu 30 hari. Meskipun dengan dana Rp. 15 juta per unitnya (tergolong murah), pengerjaannya tetap mengutamakan kualitas bahan dan konstruksinya. Agar pengerjaannya tidak asal-asalan, Pemkab Jembrana menyerahkan kepada masyarakat dan aparat desa setempat untuk mengawasi proses pembangunannya.

Sejumlah rumah layak huni hasil dari bedah rumah KK Miskin, sudah mulai selesai dibangun. Salah satunya rumah Ali Martono yang tinggal di Kelurahan Banjar Tengah Kecamatan Negara. Begitu pula dengan rumah Pak Amin (60) yang sebelumnya berupa rumah gedeg berlantai tanah dan nyaris roboh, yang berlokasi di Dusun Ketapang Lampu Desa Pengambengan Kecamatan Negara kini sudah berdiri rumah permanen dengan kokohnya bahkan Pak Amin sudah menempati rumahnya yang baru tersebut.

Ketika ditanya, Jumat (23/8) lalu, Pak Amin mengaku sangat senang dibuatkan rumah oleh Pemerintah Jembrana. Selain itu rumah baru Airaji di Tegalbadeng Barat Kecamatan Negara juga sudah berdiri dan siap ditempati.

beritabali dot com
                                                      Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...
RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

SAPA INDONESIA - RAPAT Koordinasi (Rakor) teknis tentang penanggulangan...
WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin...
KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook