Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI MALUKU DENGAN PNPM MP

kemiskinan-pemiskinan-gubernur-maluku

SAPA - Gubernur Maluku Karel Alberth Ralahalu mengatakan bahwa Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan merupakan salah satu strategi dalam penanggulangan kemiskinan.

"Program PNPM Mandiri dirasakan berbagai pihak, karena masyarakat yang dijadikan pelaku utama pembangunan,"ujar Ralahalu pada Lokakarya Midtterm Review PNPM Mandiri Perkotaan yang dipusatkan di lantai VI Kantor Gubernur Maluku, Rabu (4/9).

PNPM Mandiri Perdesaan ujar Ralahalu, sangat strategis karena menyiapkan landasan kemandirian masyarakat berupa lembaga kepemimpinan masyarakat yang representatif, mengakar dan kondusif bagi perkembangan modal sosial (social capital) di masa mendatang. Disamping itu, menyiapkan program masyarakat jangka menengah dalam penanggulangan kemiskinan. Ini menjadi pengikat dalam kemitraan masyarakat dengan pemerintah daerah serta kelompok peduli setempat.

"PNPM Mandiri Perkotaan merupakan wadah pembelajaran bagi masyarakat terhadap nilai dan etika yang luhur yang berkembang dalam masyarakat. Sebab, program ini mengedepankan nilai-nilai universal kemanusiaan, prinsip good governance dan pembangunan tridaya, yang terdiri dari penataan lingkungan, ekonomi dan sosial dalam rangka meningkatkan kemandirian masyarakat,"bebernya.

PNPM Mandiri Perkotaan tambah Ralahalu, telah membawa perubahan yang positif dalam kehidupan masyarakat, khususnya warga miskin di perkotaan. Perubahan itu berdampak terhadap peningkatan kualitas ekonomi, infrastruktur maupun sosial kemasyarakatan perkotaan.

Hal yang menggembirakan lanjutnya, sejak 2006 PNPM Mandiri Perkotaan masuk sebagai Pilot Project di Maluku dan hingga tahun 2013 ini. Lokasi dampingan telah mencakup 50 Kelurahan di Kota Ambon, 5 kelurahan di Kabupaten Maluku Tengah dan 29 kelurahan di Kota Tual.

Menurut Ralahalu, efektivitas program pengentasan kemiskinan tidak dapat lepas dari peranan aktif pemerintah daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota. Dengan demikian, diperlukan partisipasi aktif semua pihak untuk mempertajam program dan target penerima sasaran melalui Strategi Pengentasan Kemiskinan Daerah (SPKD) yang mencakup inisiatif dan kearifan lokal. Dalam kesempatan itu, disampaikan, hingga 2013, realisasi APBD kota dan kabupaten terhadap PNPM Mandiri Perkotaan adalah sebagai berikut: Kota Tual mencapai 99 persen, Kabupaten Maluku Tengah 98 persen dan Kota Ambon 51 persen.

ambonekspres dot com
                                                          Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook