Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PERCEPAT PENANGGULANGAN KEMISKINAN, TKPKD PANGKALPINANG GELAR LOKAKARYA

TKPKD

SAPA - Dalam rangka meningkatkan sinergi antara pemerintah, swasta dan masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan, melalui perancanaan partisipasi terpadu berbasis data, Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) kota Pangkalpinang menggelar lokakarya yang dilaksanakan selama dua hari Selasa (10/9) dan Rabu (11/9) di gedung pertemuan Edotel dan ruang pertemuan Bappeda kota Pangkalpinang.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Plh Walikota Pangkalpinang, Fery Insani ini dihadiri oleh Asisten Perekonomian, pembangunan dan kesejahteraan kota Pangkalpinang, sekretaris DPRD kota, Kepala BAPPEDA kota, Kepala Inspektorat Kota beserta kepala dinas instansi pemerintah kota Pangkalpinang dan Tim leader PNPM-Mandiri kota Pangkalpinang.

Dalam sambutannya, Plh. Walikota Pangkalpinang, Fery Insani menuturkan, pemerintah telah menjalankan berbagai kebijakan yang komprehensif dalam menanggulangi kemiskinan dikota Pangkalpinang yang dilakukan dengan baberapa program klaster diantaranya beras miskin (raskin) dengan capaian pada tahun 2012 sebanyak 5751 rumah tangga sasaran miskin (RTSM), jamkesmas sebanyak 14.784 orang dengan total anggaran kurang lebih 1.346 Milyar dan jamkesda sebanyak 13.600 orang dengan total anggaran 1.363 Milyar ditahun 2012.

"Melalui kegiatan lokakarya selama dua hari ini diharapkan bisa memberi pemahaman, saran serta pendapat dalam percepatan penanggulangan kemiskinan yang tujuan akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat secara ekonomi maupun sosial meskipun harus ditempuh melalui program pemberdayaan yang target utamanya adalah komunitas daerah untuk masyarakat miskin," paparnya.

Feri menjelaskan, hingga tahun 2012, Pemkot Pangkalpinang juga mengajukan program keluarga harapan kementrian sosial, melalui dinas sosial dan tenaga kerja, dan kebijakan klaster kedua yakni melalui pemberdayaan masyarakat yang merupakan program dari PNPM-Mandiri perkotaan, dengan total anggaran 2,39 Milyar dari APBN dan 125 juta dari APBD kota Pangkalpinang, progaram ini bersifat partisifatif dimana melibatkan masyarakat secara langsung.

"Dan kebijakan klaster ketiganya yakni kredit usaha rakyat (KUR) yang meliputi kelompok usaha bersama (Kube) dan usaha ekonomi produktif (UEF), dengan capaian sebanyak 196 kelompok dan UEP sebanyak 295 orang dan 7 kelompok yang mendapat bantuan dari APBN dan APBD kota Pangkalpinang pada tahun 2012 dimana kebijakan ini sangat perlu ditingkatkan untuk membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran," ujarnya.

Menanggapi apa yang dipaparkan oleh Plh Walikota Pangkalpinang, Tim leader PNPM Mandiri Perkotaan, Hari Purnomo mengatakan, untuk mencapai keberhasilan dalam percepatan penanggulangan kemiskinan ini, PNPM Mandiri perlu melakukan perencanaan terpadu ditiap daerah yang salah satunya dengan program walikota terpilih satu milyar satu kelurahan.

"Program ini bisa membantu penanganan kemiskinan dengan syarat harus ada SDM yang padu dan amanah hingga semua program bisa terelisasi dengan baik tanpa korupsi," ungkapnya.

Sementara Edison Taher, Kepala Bappeda kota Pangkalpinang mengatakan, hingga akhir tahun 2012 lalu, dengan jumlah penduduk kota Pangkalpinang 209.003 jiwa, Pangkalpinang memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup baik diangka 6,09%.

"Dengan meningkatnya jumlah penduduk ini, apabila kurangnya lapangan pekerjaan, maka berdampak pengangguran. Untuk itulah pemerintah diharapkan dapat melaksanakan percepatan penanggulangan kemiskinan ini agar dapat membuka lapangan pekerjaan sehingga bisa mengatasi penganguran dan terus menurunkan angka kemiskinan dikota Pangkalpinang," pungkasnya.

radarbangka dot co dot id
                                                                                 Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN anggaran Kementerian Desa, Pembangunan...
KADES HARUS LIBATKAN TENAGA PENDAMPING

KADES HARUS LIBATKAN TENAGA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH pusat telah menggelontorkan dana...
BANTUAN PANGAN LEWAT KARTU

BANTUAN PANGAN LEWAT KARTU

SAPA INDONESIA - BANTUAN pangan nontunai diluncurkan serentak...
KETIMPANGAN MASIH LEBAR

KETIMPANGAN MASIH LEBAR

SAPA INDONESIA - KUASA pasar menjadi lokomotif memburuknya...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook