Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KOTA AMBON TERIMA BLM PNPM MANDIRI 5 MILIAR LEBIH

kemiskinan-pemiskinan-pnpmperkotaan

SAPA - Pada tahun 2013 ini, Kota Ambon mendapatkan alokasi anggaran dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah sebesar Rp. 5.150.000.000 yang bersumber dari APBN sebesar Rp. 4.892. 500.000,- (95 %) dan dari APBD Rp. 257.500.000, (5%).

Perolehan dana ini melalui proses mekanisme pencairan dan peman­faatan kepada masyarakat yakni, tahap I 60 persen yang bersumber dari APBN, tahap II lima persen yang bersumber dari APBD yakni Danah Daerah Untuk Program Bersama (DDUPB), dan tahap II 35 persen yang bersumber dari APBN.

Koordinator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Kota Ambon Petrus Tuny dalam rilisnya kemarin Jumat (13/9), menjelaskan, melalui pendekatan kelembagaan masyarakat dan penyediaan dana BLM ke masyarakat desa/kelurahan sasaran, PNPM Mandiri Perkotaan diharapkan untuk mampu mendorong dan memperkuat partisipasi serta kepedulian masyarakat setempat secara terorganisasi dalam penang­gulangan kemiskinan.

Artinya, Program penanggulangan kemiskinan berpotensial sebagai "gerakan masyarakat", yakni; dari, oleh dan untuk masyarakat.

"Menjelaskan melalui pendekatan kelembagaan masyarakat dan penyediaan dana bantuan langsung ke masyarakat desa/kelurahan sasaran, PNPM Mandiri Perkotaan diharapkan untuk mampu mendorong dan mem­perkuat partisipasi serta kepedulian masyarakat setempat secara terorganisasi dalam penanggulangan kemiskinan," jelas Tuny.

Dikatakannya, dana BLM, merupakan dana stimulant untuk Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) belajar melaksanakan kegiatan dengan transparansi dan akuntabilitas. Dana BLM tidak mungkin menyelesaikan semua persoalan yang ada di masyarakat. Kemandirian masyarakat bukan berarti harus membiayai segala-galanya sendiri, melainkan mampu mengelola program berdasarkan kebutuhan riil dan persoalan yang terjadi, artinya masyarakat mampu menganalisa kebutuhan, melaksanakan program yang didanai dari berbagai sumberdaya dan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program tersebut.

"Untuk BLM Tahap 1 tahun anggaran 2013, dana telah dicairkan ke reke­ning BKM sebesar Rp. 3.090.000.000,- untuk 50 desa/kelurahan. Dana ini digunakan bagi kegiatan perumahan, jalan, sumur, pipanisasi air bersih, jamban keluarga, MCK umum, talud/tembok penahan tanah, drainase, sumur bor, jembatan maupun tempat pembuangan sampah," katanya.

Tak hanya itu, kata dia, selain pemba­ngunan dana ini pula dilakukan bagi ke­giatan ekonomi dan pelatihan dian­taranya pelatihan ketrampilan masya­rakat dan ekonomi bergulir.

siwalimanews dot com
                                                           Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

PENGGUNAAN DANA DESA PERLU DITINJAU ULANG

PENGGUNAAN DANA DESA PERLU DITINJAU ULANG

SAPA INDONESIA - PENGGUNAAN dana desa yang saat ini cenderung...
SEBAGIAN DANA DESA BANGUN JARINGAN INTERNET

SEBAGIAN DANA DESA BANGUN JARINGAN INTERNET

SAPA INDONESIA - PEJABAT Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten...
DANA DESA UNTUK BUDI DAYA PERIKANAN DARAT

DANA DESA UNTUK BUDI DAYA PERIKANAN DARAT

SAPA INDONESIA - DINAS Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko...
KEJARI BANDA ACEH BENTUK TIM INVESTIGASI DANA DESA

KEJARI BANDA ACEH BENTUK TIM INVESTIGASI DANA DESA

SAPA INDONESIA - KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Banda Aceh membentuk...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook