Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PPIP UNTUK PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI PERDESAAN

kemiskinan-pemiskinan-ppip-jateng

SAPA - Pro­gram Pembangunan Infrastruk­tur Perdesaan (PPIP) yang dananya digelontorkan pemerintah pusat ke desa-desa bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan di perdesaan. Hal itu dikatakan Riyadi, selaku Pejabat Pembuat Ko­mitmen PPIP Jateng 2013, ketika menyaksikan serah terima pekerjaan infrastruktur desa sasaran PPIP di Kabupaten Ka­ranganyar, baru-baru ini.

Dia yang juga pejabat Dinas Cipta Karya Jateng menjelaskan, PPIP adalah program berbasis pendekatan pemberdayaan masyarakat dan pening­katan peran stakeholder dan pemerintah daerah. Program ini dilaksanakan untuk mendorong kemandirian dan keterpaduan dari berbagai pihak yang terlibat dalam pe­nanggulangan permasalahan kemiskinan di perdesaan. "Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan efektivitas penanggulangan kemis­kin­an, meningkatkan pelayanan infrastruktur, dan efektivitas pencapaian tujuan yang berkelanjutan," ucapnya.

Dikatakan, beberapa prosedur PPIP mulai dari tahapan persiapan, perencanaan, dan pelaksanaan kegiatan desa sasaran telah dilaksanakan, seperti ke­giatan pelaksanaan fisik sudah selesai 100% atau pekerjaan infrastruktur desa sudah terba­ngun sesuai dengan yang direncanakan.


Rp 250 Juta/Desa

Untuk itu, dia menambahkan, Organisasi Masyarakat Setem­pat (OMS) diminta segera mempersiapkan tahapan serah terima pekerjaan. Kegiatan tersebut dilakukan setelah masyarakat melaksanakan kegiatan musya­warah desa (Musdes) IV. Musdes ini, menurut Riyadi, bertujuan memberikan informasi hasil pelaksanaan kegiatan dan pengelolaan dana bantuan oleh OMS kepada masyarakat desa sasaran yang berupa dana bantuan langsung masyarakat Rp 250 juta/desa dengan perincian Rp 245 juta untuk fisik dan Rp 5 juta nonfisik yang berupa laporan keuangan.

Tahapan kegiatan tersebut dilaksanakan setelah pelaksanaan fisik selesai 100% atau pada saat batas waktu penyelesaian pekerjaan habis masa kontrak. Dalam Musdes IV ini OMS menjelaskan secara rinci dan transparan laporan pertanggungjawaban, baik keuangan maupun fisiknya dengan disertai Laporan Penyelesaian Pelak­sa­naan Kegiatan (LP2K), Rea­li­sasi Kegiatan dan Biaya (RKB) dan foto-foto pelaksanaan ke­giatan infrastruktur mulai 0% sampai dengan 100%.

Riyadi mengatakan, perwujudan transparansi yang dilakukan OMS ini, antara lain memasang spanduk di awal pelaksanaan kegiatan dan penempelan papan informasi (sepanjang pelaksanaan program). Selain itu, memasang papan proyek di lokasi kegiatan dan tugu penanda (setelah pekerjaan fisik selesai, diletakkan di lokasi kegiatan). Dia menambahkan, Musdes IV juga merupakan penilaian akhir pelaksanaan PPIP yang akan menjadi dasar dalam pe­meriksaan Inspektorat Jenderal, yakni BPKP.

m dot suaramerdeka dot com
                                                                             Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

SAPA INDONESIA - MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencurigai...
PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) menegaskan...
PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

SAPA INDONESIA - PROGRAM padat karya cash dari dana desa diharapkan...
WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook