Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENGENTASAN KEMISKINAN, KEMENSOS CARI STRATEGI TEPAT

kemiskinan-pemiskinan-miskin-ntb

SAPA - Pengentasan kemiskinan masih menjadi pekerjaan besar bagi pemerintah. Kementerian Sosial sebagai leading sektor didorong untuk membuat program strategis, menyusun aksi nasional yang terintegrasi dengan pemerintah daerah.

"Pemerintah menyusun strategi pembangunan kesejahteraan sosial yang berkesinambungan dan integratif, " ujar. Sekjen Kemensos Totok Utomo Budi Santosa, di sela Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kesejahteraan Sosial di Hotel Merlyn, Jakarta, Selasa (17/09/2013) malam.

Menurut Totok Pembangungan nasional mencakup aspek ipoleksosbudhankam, dimana aspek tersebut terkonsentrasi pada satu permasalahan sosial yaitu kemiskinan. Saat ini, kemiskinan menjadi sumber masalah sosial yang semakin kompleks yang berdampak pada semua sektor, seperti ekonomi, politik, dan iptek, baik di tingkat lokal, nasional, regional dan global.

"Kemiskinan juga berdampak pada pengangguran, anak-anak terlantar, masalah lansia, kriminalitas, korban narkoba, konflik SARA, kerusuhan antar kampung, separatisme yang mengarah pada disintegrasi bangsa, " ujarnya.

Pemerintah, kata Totok menetapkan 8 target prioritas yaitu: (1) menghapuskan tingkat kemiskinan dan kelaparan, (2) mencapai pendidikan dasar secara universal, (3) mendorong kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan, (4 ) mengurangi tingkat kematian anak, (5) meningkatkan kesehatan ibu, (6) memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit lainnya, (7) menjamin keberkelanjutan lingkungan, dan (8) mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.

"Kementerian Sosial (Kemensos) memposisikan masalah pengetasan kemiskinan sebagai isu kesejahteraan sosial ke dalam arus tengah pembangunan. Kemensos terus pro aktif dalam pembangunan politik, meliputi isu disintegrasi, kemiskinan pada pengungsi akibat konflik SARA, pembangunan ekonomi, meliputi akses sumber, tenaga kerja, penganggguran, dan masalah sosial, meliputi keterpencilan, akses teknologi, kerusuhan antar kampung dan konflik antar kelompok masyarakat," tandasnya.

krjogja dot com
                                                        Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN anggaran Kementerian Desa, Pembangunan...
KADES HARUS LIBATKAN TENAGA PENDAMPING

KADES HARUS LIBATKAN TENAGA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH pusat telah menggelontorkan dana...
BANTUAN PANGAN LEWAT KARTU

BANTUAN PANGAN LEWAT KARTU

SAPA INDONESIA - BANTUAN pangan nontunai diluncurkan serentak...
KETIMPANGAN MASIH LEBAR

KETIMPANGAN MASIH LEBAR

SAPA INDONESIA - KUASA pasar menjadi lokomotif memburuknya...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook