Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMKAB LEBAK MENGOPTIMALKAN PROGRAM PADAT KARYA

Budget

SAPA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak berencana mempercepat penanggulangan kemiskinan melalui program padat karya yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Kepala Bagian Umum Sekretariat Pemerintah Kabupaten Lebak Agianto Ahmad Tahir, menyatakan, program padat karya merupakan solusi untuk mengatasi kemiskinan sehingga bisa meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

"Pelaksanaan program tersebut akan dilaksanakan pada 2014 oleh bupati terpilih hasil pemilihan kepala daerah, Sabtu (31/8).Program padat karya tersebut nantinya diintegrasikan melalui anggaran APBN dan APBD. Sebagian besar program tersebut terkait pembangunan di bidang infrastruktur jalan lingkungan, jembatan dan 'turab' untuk mencegah longsor," ujar Agi, Minggu (22/9).

Selain optmimalisasi program padat karya, ujarnya, Pemkab juga akan terus meningkatkan, pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan pelatihan aneka jenis kerajinan, yang diyakini akan dapat memutus mata rantai kemiskinan karena mereka menerima pendapatan harian.

"Syarat untuk program padat karya itu harus ada data pendukung dan menunjang perekonomian. Selama ini, program padat karya dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Sosial melalui APBN, dengan memperkerjakan puluhan bahkan ratusan orang tenaga kerja lokal dengan pendapatan standar daerah. Dengan pendapatan Rp50 ribu per hari diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan warga," katanya.

Dijelaskan, jumlah warga miskin yang masuk data Kartu Pelindung Sosial (KPS) di Lebak tercatat 118.036 jiwa. Penyebab kemiskinan tersebut akibat berbagai faktor antara lain minimnya pendidikan, keahlian, dan keterampilan. Selain itu, factor terbatasnya lapangan pekerjaan.

"Pemerintah daerah terus mendorong upaya mempercepat penanggulangan kemiskinan dengan program padat karya. Padat karya itu merupakan program jangka pendek untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan," katanya.

 

kabar-banten dot com
                                                                Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KONSULTAN NASIONAL KEMENDES MONEV DANA DESA DI SABANG

KONSULTAN NASIONAL KEMENDES MONEV DANA DESA DI SABANG

SAPA INDONESIA - KONSULTAN Nasional P3MD Kementerian Desa (Kemendes)...
PENDIDIKAN PINTU KELUAR KEMISKINAN

PENDIDIKAN PINTU KELUAR KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - CALON gubernur Ganjar Pranowo mengemukakan...
PEMERINTAH JOKOWI TARGET TAK ADA DESA TERTINGGAL DI INDONESIA PADA 2019

PEMERINTAH JOKOWI TARGET TAK ADA DESA TERTINGGAL DI INDONESIA PADA 2019

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa Pembangunan Daerah Tertinggal...
BANDUNG: MASIH ADA DESA YANG TAK PATUH LAPOR DANA DESA

BANDUNG: MASIH ADA DESA YANG TAK PATUH LAPOR DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Bandung, Dadang M Naser mengungkapkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook