Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENANGGULANGAN KEMISKINAN DENGAN MERANGKUL PENGUSAHA

Advokasi

SAPA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal akan merangkul para pengusaha untuk berperan serta menanggulangi kemiskinan yang ada di Kabupaten Kendal. Sebab, permasalahan kemiskinan merupakan persoalan yang mendesak untuk diselesaikan dan membutuhkan penanganan dan pendekatan yang sistematik serta terpadu dan menyeluruh.

''Saya mengajak dunia usaha untuk berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan sebagai upaya penurunan penduduk miskin di Kendal,'' kata Bupati Widya Kandi Susanti dalam acara temu pengusaha yang diselenggarakan di Operation Room, Setda Kendal, Selasa (24/9).

Widya Kandi mengatakan, penanggulangan kemskinan bisa dibantu oleh para pengusaha. Caranya, kata dia, antara lain berupa bantuan untuk membentuk UMKM, penguatan UMKM, maupun kegiatan yang mampu dijadikan modal bagi masyrakat kurang mampu untuk mempunyai usaha mandiri.

Hal itu sesuai dengan Perda Nomor 8 Tahun 2012 tentang tanggung jawab sosial perusahaan di Kabupaten Kendal. ''Masing-masing untuk bisa memberikan keuntungannya bagi penanggulangan kemiskinan melalui program CSR dengan memberikan kemudahan dalam pelayanan administrasi,'' katanya di hadapan sekitar 50 orang pengusaha skala besar dan menengah.

Program penanggulangan kemiskinan yang selama ini yang telah dilakukan Pemkab Kendal dikoordinir dalam tim Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) yang diketuai Wakil Bupati Muh Mustamsikin. Ketua Tim TKPKD Muh Mustamsikin, mengatakan, berdasarkan data dari Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) tahun 2011, jumlah rumah tangga miskin di Kabupaten Kendal sebanyak 74.735 rumah tangga atau sebesar 27,73 persen dari total jumlah rumah tangga di Kabupaten Kendal. Dikatakannya, prioritas penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kendal sesuai dengan Perda Nomor 4 Tahun 2011, yakni pemenuhan kebutuhan pangan bagi daerah yang kekurangan.

Selain itu peningkatan gizi balita, perawatan dan pengobatan gratis bagi warga miskin, pendidikan murah dan terjangkau setingkat SMP. Cara lainnya yaitu dengan perwujudan iklim investasi yang kondusif, pelaksanaan seluruh kegiatan pembangunan sarana dan prasarana, pendataan penduduk miskin, peningkatan penanganan rumah tidak layak huni dan peningkatan kesadaran dan ketaatan hukum.

Program penanggulangan kemiskinan yang dilaksanakan Pemkab Kendal meliputi empat klaster, yaitu bantuan sosial terpadu berbasis keluarga, penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. Selain itu penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan usaha ekonomi dan mikro, serta berupa perluasan kesempatan kerja, pemberdayaan tenaga kerja dan perlindungan sosial,'' terang Mustamsikin.

suaramerdeka dot com
                                                                        Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook