Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENANGGULANGAN KEMISKINAN DENGAN PNPM PERKOTAAN DI KALBAR

kemiskinan-pemiskinan-pnpmperkotaan

SAPA - Upaya penanggulangan kemiskinan di Kalimantan Barat terus dilakukan pemerintah salah satunya dengan mengalokasikan dana daerah untuk urusan bersama untuk pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan.Tim Leader PNPM Mandiri Perkotaan Kalimantan Barat, Komala Erwan mengatakan di tahun 2013, Kalbar mendapat bantuan sebesar Rp10,6 miliar dari program penanggulangan kemiskinan PNPM Mandiri Perkotaan yang meliputi, lima kabupaten/kota seperti di Kota Pontianak, Singkawang, Sambas, Sanggau, dan Ketapang. "Bantuan sebesar Rp10,6 miliar tersebut terdiri dari dari APBN sebesar Rp9,54 miliar, dan dari APBD Rp1,06 miliar," katanya usai pembukaan Lokakarya Review Program Penanggulangan Kemiskinan Kalimantan Barat, Rabu (25/9) di Hotel Kapuas Dharma.

Komala menerangkan, P2KP di Kalbar dimulai sejak tahun 2004 dengan wilayah cakupan meliputi 203 kelurahan/desa, 25 kecamatan, dan enam kota/kabupaten. Kemudian untuk pelaksanaan mandiri perkotaan sejak 2007 - 2012 telah direalisasikan dana daerah untuk urusan bersama sebesar Rp15,03 miliar, dari APBN Rp41,60 miliar atau total penyerapan bantuan langsung mandiri sebesar Rp56,63 miliar.

"Sejak awal PNPM Mandiri Perkotaan diarahkan untuk mendukung upaya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia dan hingga sekarang kita terus mendorong peningkatan peran serta masyarakat dalam membangun daerahnya melalui berbagai program penanggulangan kemiskinan yang kita lakukan," katanya.Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Sambas, Pabali Musa yang juga menghadiri kegiatan itu mengatakan pada dasarnya potensi sumber daya alam Kalimantan Barat cukup besar, namun karena masih minimnya pengetahuan masyarakat untuk memberdayakan potensi sumber daya alam yang ada membuat hingga sekarang masih banyak masyarakat ebrada dibawah garis kemiskinan.

Kabupaten Sambas tahun 2013 juga mendapat PNPM Mandiri Perkotaan sebesar Rp2,1 miliar, untuk Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) kata Wakil Bupati Sambas Pabali Musa. "Nantinya bantuan yang di dapat ini akan kami gunakan untuk memberdayakan masyarakat Sambas agar lebih mandiri," kata Pabali Musa. Pabali menilai, bantuan tersebut secara substansi berupaya dalam penanggulangan kemiskinan melalui konsep memberdayakan masyarakat dan pelaku pembangunan lokal lainnya, termasuk pemerintah daerah."Kami berharap, dengan adanya bantuan tersebut bisa menekan angka kemiskinan dan mendorong pembangunan berkelanjutan, sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat baik itu ekonomi, sosial maupun pendidikan," ujarnya.

pontianakpost dot com
                                                                     Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

PEMDES DIIMBAU PROSES PENCAIRAN ALOKASI DANA DESA

PEMDES DIIMBAU PROSES PENCAIRAN ALOKASI DANA DESA

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten Gunung Kidul, Daerah...
75% DANA DESA UNTUK PEMBANGUNAN FISIK

75% DANA DESA UNTUK PEMBANGUNAN FISIK

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Simalungunmewajibkan75%...
PERCEPAT PENGENTASAN KEMISKINAN, PEMERINTAH TAMBAH DANA BANSOS

PERCEPAT PENGENTASAN KEMISKINAN, PEMERINTAH TAMBAH DANA BANSOS

SAPA INDONESIA - MEMPERCEPAT pengentasan kemiskinan di Jawa...
KEMISKINAN HINGGA KESENJANGAN EKONOMI MENURUN, INI TANTANGAN BARU RI

KEMISKINAN HINGGA KESENJANGAN EKONOMI MENURUN, INI TANTANGAN BARU RI

SAPA INDONESIA - INDONESIA saat ini masih memiliki 3 masalah...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook