Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENANGGULANGAN KEMISKINAN: PNPM BERSINERGI DENGAN TKPKD KARIMUN

kemiskinan-pemiskinan-tkpkd-karimun

SAPA - Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) yang diluncurkan sejak tahun 2007 di Kabupaten Karimun telah mulai menunjukkan hasil nyata.

Beberapa usulan pembangunan yang disampaikan masyarakat sudah banyak yang terealisasi, mulai dari pembangunan jalan, rumah ibadah hingga tempat pendidikan.

Untuk makin memaksimalkan hasilnya, maka PNPM-MP Karimun melaksanakan lokakarya untuk mereview kesamaan persepsi mengenai visi, misi dan strategi juga merancang intervensi lanjutan untuk harmonisasi serta keberlanjutan program penanggulangan kemiskinan secara partisipatif dalam proses perencanaan.

Koordinator Kota PNPM-MP Karimun Mardison saat lokarya yang dilaksanakan di Kantor Bupati Karimun, Kamis (26/9) mengatakan, tujuan dilaksanakan lokakarya review PNPM-MP tingkat kabupaten/kota adalah untuk membangun kesamaan pemahaman substansi dan tanggung jawab pengendalian seluruh stakeholder terkait.

Sementara, Tenaga Ahli Local Government PNPM Mandiri Perkotaan Kepri Heru Setyo Budi menambahkan, selama ini program PNPM-MP sudah berjalan dengan baik, hanya saja masih terdapat beberapa kekurangan diantaranya masih ada beberapa usulan masyarakat yang belum sepenuhnya bisa direalisasikan.

"Saya melihat pelaksanaan PNPM masih ada beberapa kekurangan. Partisipasi masyarakat dan kelompok masih rendah, ada beberapa usulan kegiatan masyarakat belum dapat direalisasikan karena kurangnya keterpaduan dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait," kata Heru.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karimun Djunaidy mengatakan, program PNPM-MP bersinergi dengan Pemkab Karimun melalui Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) yang dipimpin oleh Wakil Bupati Karimun dengan melibatkan stake holder terkait.

"Pengentasan kemiskinan itu salah satu sasaran dari program Millenium Development Goals (MDGs) yang harus dilaksanakan secara nasional. Bappeda yang merupakan bagian dari TKPKD Karimun akan menyampaikan semua program pengentasan kemiskinan ini ke TKPKD Provinsi Kepri yang dipimpin Pak Wagub," kata Djunaidy.

Menurutnya, selama ini program PNPM dinilai sudah berhasil mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Karimun, walapun nilainya belum mencapai 100 persen. "Tujuan PNPM itu sama dengan TKPKD, yakni sama-sama mengentaskan kemiskinan. Makanya, ada semacam sinergitas antara PNPM dengan pemerintah daerah," kata Djunaidy.

haluankepri dot com
                                                    Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

JOKOWI INGIN PENDUDUK DAPAT LAYANAN INFRASTRUKTUR LEWAT DANA DESA

JOKOWI INGIN PENDUDUK DAPAT LAYANAN INFRASTRUKTUR LEWAT DANA DESA

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH terus meningkatkan alokasi dana...
PRESIDEN: RP 2.204,4 TRILIUN FOKUS UNTUK KURANGI KEMISKINAN

PRESIDEN: RP 2.204,4 TRILIUN FOKUS UNTUK KURANGI KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo mengatakan, kebijakan...
KPK INGATKAN PARA KADES AGAR DANA DESA UNTUK KEPENTINGAN WARGA

KPK INGATKAN PARA KADES AGAR DANA DESA UNTUK KEPENTINGAN WARGA

SAPA INDONESIA - WAKIL Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (...
DANA DESA CAPAI RP127 TRILIUN, DPR: UANG BESAR MARAK PENYIMPANGAN!

DANA DESA CAPAI RP127 TRILIUN, DPR: UANG BESAR MARAK PENYIMPANGAN!

SAPA INDONESIA - PENYALURAN dana desa di era kepemimpinan Presiden...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook