Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMKAB MUSIRAWAS GELAR RAKOR PENANGGULANGAN KEMISKINAN

kemiskinan-pemiskinan-rakor-musirawas

SAPA - Untuk menanggulangi masalah kemiskinan, Pemkab Musirawas mengadakan rapat koordinasi (rakor), yang dipimpin Wakil Bupati Musirawas, H Hendra Gunawan, Selasa (8/10) di Oproom Pemda.

Hadir dalam rakor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), hingga Camat dalam wilayah Kabupaten Musirawas.

Dalam rapat H. Hendra Gunawan menyampaikan bahwa strategi penanggulangan kemiskinan daerah Kabupaten Musirawas sudah tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) No. 42 tahun 2002. Program peningkatan kesejahteraan sosial mestinya dilakukan masing-masing SKPD sesuai dengan bidangnya.

"Disini sudah dipaparkan mengenai kriteria kemiskinan, diantaranya bentuk rumah dan MCK, sarana makan minum dan tingkat penghasilan. oleh karena itu kita mintakan peran dari masing-masing SKPD untuk bersama-sama menanggulangi kemiskinan. Kalau dilihat dari grafik tingkat angka kemiskinan di Kabupaten Musirawas tahun 2011 terendah di Sumatera Selatan," papar Wabup Hendra Gunawan.

Seperti angka kematian bayi (AKB), tambah Hendra, Kabupaten Musirawas masih menduduki rangking terakhir di Sumsel dengan rata 50,57 AKB dalam setiap 1000 bayi di tahun 2010. Sedangkan tahun 2011 turun menjadi 48,79 AKB/1000.

Demikian juga mengenai penyakit campak, sambungnya, Kabupaten Musirawas masih menduduki rangking 12 dari 15 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan, tetapi yang cukup menggembirakan angka angkatan kerja pengangguran terbuka menduduki rangking 1 dari 15 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan.

"Kita harapkan SKPD terkait dapat membuat program yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat, seperti program bantuan rumah miskin yakni rehab alas dinding rumah miskin (Aladin), bisa ditingkatkan lagi. Mengenai anggarannya bisa diajukan dengan perhitungan dan alasan yang kuat yang penting dapat dan sesuai dengan target pemenuhan," tuturnya.

Ia menambahkan, untuk pelayanan kesehatan terutama Ibu yang melahirkan, agar dapat dikurangi dampak kematian bayi untuk mengurangi AKB termasuk penanggulangan penyakit Campak. "Yang perlu dipertahankan adalah tingkat pengangguran terbuka yang terendah di Sumatera Selatan, namun perlu pendataan lagi mengenai angkatan kerja secara seksama karena biasanya disuatu daerah dengan angka kemiskinan yang tinggi maka tinggi pula angka pengangguran terbuka," jelasnya.

Masih dikatakan Wabup Hendra, untuk tingkat angka partisipasi kasar pendidikan sudah standar (pertengahan) di Sumsel, SD/MI menduduki rangking 7 dan SMP/MTs rangking 7 dari 15 Kabupaten/Kota di Sumsel. Sedangkan angka partisifasi kasar maupun murni SMA/MA menduduki rangking 7 juga.

"Selanjutnya untuk infrastruktur dasar tahun 2011, seperti listrik masih dibawah rata-rata Nasional maupun provinsi dengan rangking 10 dari 15 Kabupaten/Kota di Sumsel. Sarana Air Minum/Bersih rangking 9 dan sanitasi rangking 11," katanya.

kabarsumatera dot com
                                                       Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPK - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN anggaran Kementerian Desa, Pembangunan...
KADES HARUS LIBATKAN TENAGA PENDAMPING

KADES HARUS LIBATKAN TENAGA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH pusat telah menggelontorkan dana...
BANTUAN PANGAN LEWAT KARTU

BANTUAN PANGAN LEWAT KARTU

SAPA INDONESIA - BANTUAN pangan nontunai diluncurkan serentak...
KETIMPANGAN MASIH LEBAR

KETIMPANGAN MASIH LEBAR

SAPA INDONESIA - KUASA pasar menjadi lokomotif memburuknya...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook