Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

300 KK DI SLEMAN BELUM TERALIRI LISTRIK

Advokasi

SAPA - Di balik gemerlapnya lampu-lampu di sejumlah tempat hiburan malam di Sleman, ternyata masih ada ratusan kepala keluarga (KK) yang belum teraliri listrik. Setidaknya ada sekitar 300 KK yang saat ini belum berlangganan listrik dari PLN.

Anggota Komisi C DPRD Sleman Huda Tri Yudiana meminta Pemerintah Kabupaten Sleman untuk memprioritaskan pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap listrik, khususnya bagi warga Desa Wukirharjo, Prambanan.

"Tahun ini juga kami minta agar segera diupayakan instalasi listrik agi warga miskin. Jadi tahun depan semua keluarga miskin yang belum teraliri listrik, khususnya di Desa Wukirharjo," ujarnya kepada Tribun Jogja, Jumat (11/10/2013).

Huda mengakui, mungkin keluarga miskin tersebut tidak seluruhnya hidup tanpa listrik, tapi yang pasti mereka belum berlangganan listrik. Saat ini masih ada ratusan kepala keluarga yang hanya numpang listrik dari tetangganya.

"Jadi mereka hanya mampu menyalur listrik dari tetangganya, belum mampu berlangganan sendiri. Setiap bulan mereka membayar iuran kepada tetangganya yang ditumpanginya," paparnya.

Menurutnya, kebijakan tersebut sebagai upaya pengentasan kemiskinan, khususnya bagi keluarga miskin agar dapat menikmati listrik dengan mudah dan murah. Selain itu, hal itu juga sebagai pemerataan pembangunan dan keadilan, khususnya bagi warga miskin.

"Jadi jangan sampai orang terus miskin hanya karena kebijakan yang tidak berpihak kepada mereka. Seharusnya tidak ada kesenjangan yang terlau jauh antara warga yang di kota dan di desa," pintanya.

Plt Kepala Dinas Sumber Daya Air Energi dan Mineral (SDAEM) Kabupaten Sleman, Purwanto menyatakan Pemkab Sleman akan segera menginventarisasi kebutuhan listrik bagi keluarga miskin, khususnya di Wukirharjo. Nantinya, mereka akan mendapatkan bantuan berupa instalasi listrik secara gratis.

"Dari data kami, setidaknya ada sebanyak 60 KK di Wukirharjo yang belum dialiri listrik. Kami berjanji akhir tahun nanti pada bulan Desember, mereka sudah akan teraliri listrik," paparnya.

Bantuan listrik bagi seluruh keluarga miskin di Sleman juga akan memperoleh pulsa perdana sebesar Rp 50 ribu. Namun setelahnya, warga diminta melanjutkan pembayaran listrik dengan sistem prabayar.

"Jadi kami tegaskan bahwa bantuan instalasi listrik bagi warga miskin gratis, tidak dipungut biaya," tegasnya.

Kades Wukirharjo, Samijan menyambut gembira rencana instalasi listrik bagi warganya yang belum berlangganan. Menurutnya, sudah sejak lama warganya yang tergolong miskin berharap bantuan tersebut.

"Terima kasih atas bantuannya. Memang sudah lama kami mengharapakannya. Kami harap nanti bulan Desember, seluruh warga Wukirharjo sudah benar-benar dapat dialiri listrik," tuturnya.

Setidaknya telah dianggarkan dana sebesar Rp 3,7 miliar untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat miskin di Sleman terhadap listrik. Diharapkan, tahun depan tak ada lagi warga di Sleman yang belum dialiri listrik.

jogja dot tribunnews dot com
                                                                Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

WAMENKEU: SINERGI APBN DAN APBD BANTU KESEJAHTERAAN RAKYAT

WAMENKEU: SINERGI APBN DAN APBD BANTU KESEJAHTERAAN RAKYAT

SAPA INDONESIA - WAKIL Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan...
PENCAIRAN DANA DESA MUNDUR

PENCAIRAN DANA DESA MUNDUR

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa diperkirakan mundur dari...
PERTUMBUHAN EKONOMI HARUS DIGENJOT 6%

PERTUMBUHAN EKONOMI HARUS DIGENJOT 6%

SAPA INDONESIA - PERTUMBUHAN ekonomi nasional harus didongkrak...
9.623 KELUARGA MISKIN BELUM MASUK DATA PKH

9.623 KELUARGA MISKIN BELUM MASUK DATA PKH

SAPA INDONESIA - KENAIKAN jumlah keluarga penerima manfaat...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook