Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BPMD SULBAR MAKSIMALKAN PERAN PARA PELAKU PNPM MPd

kemiskinan-pemiskinan-pnpmperdesaan

SAPA - Badan Pengembangan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMD) Provinsi Sulawesi Barat telah melakukan sosialisasi dalam rangka memaksimalkan peran pelaku Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP).

Kepala BPMD Provinsi Sulbar, Ardjuzaman Tamadjoe, di Mamuju, Minggu, mengatakan pemerintah di Sulbar melaksanakan sosialisasi dengan melibatkan pelaku PNPM-MP.

Ia mengatakan, sosialisasi itu untuk memaksimalkan peran pelaku PNPM-MP agar dalam melaksanakan program PNPM-MP dapat membawa pembangunan yang lebih maju di Sulbar.

Menurut dia, sosialisas tersebut diikuti 137 orang pelaku PNPM-MP yang berasal dari lima Kabupaten di Sulbar terdiri dari fasilitator dan koordinator kabupaten program PNPM-MPsangat starategis dalam membangun sulbar.

Ia mengatakan, PNPM-MP yang merupakan program nasional dalam wujud kerangka kebijakan sebagai dasar dan acuan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat.

"Diharapkan seluruh pelaku dapat meningkatkan peran untuk memacu progres agar target kegiatan program di tahun 2013 akan dapat berjalan sesuai dengan rencana memaksimalkan pembangunan, dan mengatasi kemiskinan masyarakat," katanya.

Ia berharap PNPM-MP dilaksanakan dengan harmonisasi, serta mekanisme dan prosedur program pendampingan dari pelakunya dapat memberikan stimulan untuk mendorong prakarsa dan inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan.

"Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk menciptakan dan meningkatkan kapasitas masyarakat, baik secara individu maupun kelompok, dalam memecahkan berbagai persoalan terkait upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraannya," katanya.

Sehingga, lanjutnya, pemberdayaan masyarakat juga memerlukan keterlibatan yang besar dari perangkat pemerintah dari pusat sampai daerah secara terkoordinasi, sehingga hasil yang dicapai dapat terukur dan maksimal.

antara-sulawesiselatan dot com
                                                                              Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

PEMERINTAH SINKRONKAN DATA TERKAIT PENYALURAN KIP

PEMERINTAH SINKRONKAN DATA TERKAIT PENYALURAN KIP

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH memperbaiki penyaluran Kartu Indonesia...
WASPADA KELOLA KEUANGAN DANA DESA

WASPADA KELOLA KEUANGAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - PEMBINAAN kepada kepala desa dan perangkat...
MENDES JANJI BUMDES AKAN TETAP LIBATKAN KOPERASI

MENDES JANJI BUMDES AKAN TETAP LIBATKAN KOPERASI

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
KEMISKINAN DI MALANG DIPICU PENDIDIKAN RENDAH

KEMISKINAN DI MALANG DIPICU PENDIDIKAN RENDAH

SAPA INDONESIA - BUPATI Malang Dr Rendra Kresna mengakui kemiskinan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook