Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI SIAK DINILAI BERHASIL

kemiskinan-pemiskinan-alfedri

SAPA - Program-program penanggulangan kemiskinan yang tengah digalakkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak dinilai sudah berhasil. Hal ini dibuktikan dengan terus meningkatnya kesejahteraan masyarakat miskin yang ada.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Siak di acara sosialisasi pendataan kemiskinan Tahun 2013 di salah hotel, Kamis (24/10) malam.

Dikatakannya, angka kemiskinan berkurang dapat dilihat selama tiga tahun terakhir. Dimana selama itu, terjadi kebaikan pada indikator kemiskinan makro. Seperti tahun 2010 lalu, persentase penduduk miskin sebesar 6,49 persen, tahun 2011 menurun jadi 5,29 persen. Penurunan kata wabup terjadi lagi pada tahun 2012 lalu, dimana persentase penduduk miskin hanya 5,17 persen.

Tak hanya perbaikan indikator kemiskinan makro, menurut wabup indikator mikro kemiskinan juga menunjukkan angka yang positif. "Dimana berdasarkan Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) tahun 2008, Rumah Tangga Sasaran (RTS) sebesar 13.130, pada tahun 2011 mengalami penurunan menjadi 7.925 RTS," kata wabup.

Untuk penanggulangan kemiskinan, wabup juga menjelaskan, Pemkab Siak juga telah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 Tahun 2012 tentang Penanggulangan Kemisikinan di Kabupaten Siak. Mengacu kepada perda itu, wabup mengatakan pemkab juga telah membuat beberapa program. Antara lain, pembangunan rumah layak huni, penyediaan raskin gratis, sembako murah, pemberian bantuan fasilitas sekolah untuk siswa miskin dan suku asli, sertifikasi tanah masyarakat miskin, bantuan hukum kepada masyarakat miskin, bantuan alat mesin pertanian peteranakan, bantuan bibit baik pertanian peternakan, pelayaran kesehatan gratis pada pelayanan dasar di puskesmas dan pustu serta ruang kelas III di RSUD melalui program Jamkesda.

"Saya berharap, dalam kegiatan ini nantinya, peserta dapat lebih pro aktif dan bisa memberikan informasi tentang data yang lebih akurat tentang masyarakat rumah tangga miskin," jelasnya.

Data ini nanti lanjutnya, akan menjadi pedoman bagi perencanaan dan penganggaran yang berpihak kepada masyarakat miskin

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Siak, Drs H Yan Pranajaya, MSi juga mengatakan, untuk penanggulangan kemiskinan, diperlukan koordinasi antar lintas sektor dan pemangku kepentingan secara terpadu dan berkesinambungan yang selaras dengan target angka kemiskinan nasional tahun 2014 sebesar 8-10 persen.

"Salah satu tugas TKPK adalah melaksanakan pemantauan dan evaluasi program penanggulangan kemiskinan dengan melibatkan berbagai pihak, sehingga didapatkan gambaran pelaksanaan kegiatan secara utuh, permasalahan yang timbul, masukan berbagai pihak, dalam melakukan tindak lanjut," jelasnya.

Dikatakannya, tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk melaksanakan survey lapangan terkait permohonan pendataan keluarga miskin baru, melakukan pemantauan dan evaluasi perubahan kriteria keluarga miskin, mengusulkan penghapusan data keluarga miskin yang berasal dari Basis Data Terpadu TNP2K, yang tidak termasuk ke dalam kriteria keluarga miskin.

Yan Pranajaya menambahkan, dengan kegiatan sosialisasi selama dua hari mulai tanggl 24-25 Oktober tersebut, diharapkan kedepannya tidak ada lagi masyarakat miskin yang tidak mendapatkan bantuan pemerintah Kabupaten Siak.

riaustar dot com
                                                   Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

TAGIH DANA DESA RP 54 MILIAR, 119 KADES DI NUNUKAN MOGOK BEKERJA

TAGIH DANA DESA RP 54 MILIAR, 119 KADES DI NUNUKAN MOGOK BEKERJA

SAPA INDONESIA - RATUSAN kepala desa di wilayah perbatasan...
MENSOS YAKIN BANSOS NON TUNAI PERCEPAT PENANGGULANGAN KEMISKINAN

MENSOS YAKIN BANSOS NON TUNAI PERCEPAT PENANGGULANGAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - MENTERI Sosial Khofifah Indar Parawansa yakin...
KEBUTUHAN ANGGARAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN MASIH DIIDENTIFIKASI

KEBUTUHAN ANGGARAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN MASIH DIIDENTIFIKASI

SAPA INDONESIA - MESKI pelayanan kemiskinan ditangani oleh...
MENDES: DANA DESA BANGUN 51.000 KILOMETER JALAN SELAMA 2016

MENDES: DANA DESA BANGUN 51.000 KILOMETER JALAN SELAMA 2016

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook