Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

MEMBANGUN KEMANDIRIAN MASYARAKAT MELALUI PPIP

kemiskinan-pemiskinan-fajar-tihan

SAPA - Terbentuknya Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) yang mampu untuk melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai tugas pokok dan fungsinya (tupoksinya), merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP).

Hal itu dikemukakan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Ir H Berlian Tihang MM, saat membuka Pelatihan Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) APBN-P Tahun 2013, Hotel Sahid Bandarlampung, Senin (28/10).

Berlian Tihang mengatakan, Dinas Pengairan dan Pemukiman Provinsi Lampung menyelenggarakan Pelatihan Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) APBN-P Tahun 2013.

PPIP bertujuan untuk membangun kemandirian dan kesadaran kritis masyarakat dalam mengatasi persoalan dalam Program Penanggulangan Kemiskinan (Pronangkis). PPIP merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Indonesia Jangka Menengah (RPIJM).

Berlian Tihang melanjutkan, PPIP merupakan bagian dari perluasan dan pembangunan dan infrastruktur yang dicanangkan pemerintah melalui Ditjen Cipta Karya. Kegiatan PPIP ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat diantaranya OMS dan kelompok pemanfaat dan pemelihara program. Mereka adalah pelaksana dan pengawas kegiatan agar proses pelaksanaan tercapai dengan baik.

Kepala Dinas Permukiman dan Pengairan Arif Hidayat mengatakan, dalam pelatihan itu dibekali pula materi untuk mengidentifikasi serangkaian deviasi atau penyimpangan dalam pelaksanaan program secara preventif dan pendeteksian. Pada kegiatan pelatihan itulah OMS harus tahu dan faham secara pasti tugas pokok dan fungsi masing-masing. OMS harus dapat menciptakan lingkungan pengendalian yang kondusif masing-masing dan dapat bertanggung jawab dalam membuat laporan , baik itu kegiatan operasional, administrasi keuangan dan mampu mengelola kegiatan di desanya masing-masing.

fajarsumatra dot com
                                                         Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook