Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMKAB BARITO UTARA GELAR RAKOR PENANGGULANGAN KEMISKINAN

kemiskinan-pemiskinan-barito-utara

SAPA - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, menggelar rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan tingkat kabupaten setempat.

"Rakor ini sangat penting dilakukan agar bersama-sama dapat mengevaluasi pelaksanaan berbagai program penanggulangan kemiskinan di daerah ini," kata Bupati Barito Utara, Nadalsyah di Muara Teweh, Jumat (8/11).

Bupati mengharapkan antar satuan kerja perangkat daerah (SKPD) akan ada kebersamaan dan persatuan serta kesepakatan bersama dalam penanggulangan kemiskinan.

Sehingga tidak ada lagi miskin berstruktur atau miskin keturunan, dengan bantuan program-program seperti yang sudah ada yaitu, Jamkesmas, Jamkesda, Raskin, Beasiswa Miskin, Kube dan lainnya.

Dalam Peraturan Presiden Nomor 15 tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemisikinan disebutkan, bahwa penanggulangan kemiskinan adalah kebijakan dan program pemerintah dan pemerintah daerah.

"Sehingga kegiatan pembangunan, benar-benar mereka rasakan manfaatnya," harap dia.

Bupati Barito Utara menjelaskan, kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan terencana serta bersinergi dengan dunia usaha dan masyarakat untuk mengurangi jumlah penduduk miskin, dalam rangka mengangkat derajat kesehatan masyarakat.

Dari rapat ini dapat meningkatkan fokus program-program yang ditunjukan kepada masyarakat miskin. Dengan demikian, katanya, kelompok masyarakat yang tidak terjangkau dan yang masih berada dibawa kemiskinan dapat lebih diperhatikan.

Program penanggulangan kemiskinan adalah kegiatan yang dilaksanakan pemerintah, pemerintah daerah, dunia usaha serta msyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin melalui bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil, serta program lainnya dalam meningakatkan kegiatan ekonomi.

"Upaya pengentasan kemiskinan harus berjalan secara sinergi dan berkelanjutan, pelaksanaannya dilaksanakan secara terpadu yaitu dari sisi penghidupan masyarakat miskin maupun sisi produksinya," jelas dia.

Kebijakan penanggulangan kemiskinan merupakan gerakan bersama dan tentunya tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja namun juga memerlukan keterlibatan semua pihak selaku pemangku kepentingan.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Barito Utara, Jainal Abidin mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mengevaluasi pelaksanaan program/kegiatan penanggulangan kemiskinan Kabupaten Barito Utara khusunya pada klaster I, II dan III serta bidang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan infrastruktur dasar.

"Diharapkan hasil yang dicapai dalam rapat ini memperoleh data dan informasi sejauhmana pelaksanaan program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan di daerah ini. Memperoleh data data dan informasi masalah, kendala dan solusi pemecahan masalah penanggulangan kemiskinan di Barito Utara," katanya.

media dot hariantabengan dot com
                                                                              Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook