Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

GEPO RAWON PNPM MANDIRI PERDESAAN

kemiskinan-pemiskinan-wonogiri

SAPA - Untuk pertamakalinya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan (MP) Kabupaten Wonogiri, menggelar ekspo yang dikemas dalam Gelar Potensi Rakyat Wonogiri (Gepo Rawon). Event ini, digelar di lapangan ibukota Kecamatan Nguntoronadi.

Kabid Penanggulangan Kemiskinan Badan Pemerdayaan Masyarakat (Bapermas) Kabupaten Wonogiri, Drs Sigit Purwanto MPd, menyatakan, Gepo Rawon dilaksanakan sejak Sabtu (9/11) sampai dengan Senin (11/11) besok. ''Diikuti 32 stand, terdiri atas 23 stand dari 23 kecamatan, tujuh stand kuliner dan dua stand sponsor,'' ujarnya.

Kata Sigit, Gepo Rawon ini berutjuan untuk mensosialisasikan dan mempromosikan produk binaan PNPM-MP. Sekaligus sebagai media untuk membuka akses jejaring bisnis dan perekat silaturahim sesama pelaku PNPM. Di ekspo Gepo Rawon, disajikan pula gelar seni hiburan dan pentas budaya. Juga didukung kegiatan donor darah dan gerak jalan massal serta lomba mewarnai dan praktik berkendaraan yang aman (safety riding).

Bupati Wonogiri Danar Rahmanto didampingi Ketua DPRD Wawan Setya Nugraha SSos, berkenan membuka Gepo Rawon dengan pemukulan gong. Dimeriahkan dengan sajian drum anak-anak dari Taman Kanak-kanak (TK) Pembina Negeri Kecamatan Nguntoronadi. Simbiose Mutualistis ''Menjadi harapan masyarakat, untuk dapat meraih kehidupan yang lebih baik. Berkaitan ini, PNPM telah memprakarsainya. Untuk itu, saya menyampaikan apresiasi dan senantiasa memberikan dorongan,'' tegas Bupati.

Harapan ke depan, tandas Bupati, kegiatan PNPM kiranya dapat disinergikan dengan rencana pembangunan daerah Kabupaten Wonogiri. ''Supaya terwujud adanya simbiose mutualistis yang saling menguntungkan,'' ujarnya.

Fasilitator Kabupaten (Faskab) PNPM-MP, Loegtyatmadji ST MSi, menyatakan, PNPM-MD dilaksanakan di 23 dari 25 kecamatan yang ada di Kabupaten Wonogiri. Dua kecamatan yang tidak masuk dalam PNPM-MD, adalah Kecamatan Selogiri dan Kecamatan Wonogiri Kota. Kedua kecamatan ini, masuk dalam PNPM Perkotaan.

Selama ini, PNPM lebih dikenal dengan program pembangunan pisiknya. Karena memang 70 persen anggarannya diperuntukkan pembangunan aneka sarana dan prasarana pendukung perekonomian perdesaan. Sedang 30 persen alokasi dana PNPM, digunakan untuk membiayai kegiatan ekonomi produktif dalam bentuk pengembangan modal usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif.

Melalui Gepo Rawon, hasil-hasil kegiatan ekonomi produktif PNPM-MP sengaja dipamerkan. Karena selama ini, telah sekitar Rp 60 miliar dana PNPM-MP dipinjamkan untuk modal pengembangan kelompok usaha ekonomi rakyat. ''Peminjamannya dilakukan tanpa memakai agunan dan beban jasa bunganya hanya 1,5 persen,'' ujar Loegtyatmadji.

m dot suaramerdeka dot com
                                                                 Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

SAPA INDONESIA - BADAN Usaha Milik Desa (BUMDES) perlu untuk...
YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

SAPA INDONESIA - KETUA Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh...
BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

SAPA INDONESIA - PRODUK jenis jagung di Bengkulu Selatan jadi...
BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Purwakarta Dedi Mulyadi mengumpulkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook