Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMKOT SAMARINDA STUDI BANDING PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KOTA GORONTALO

kantor-walikota-300x150

SAPA - Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dibawah pimpinan melaksanakan studi banding di Kota Gorontalo, Senin (11/11/2013). Studi banding Pemkot Samarinda yang dipimpin langsung Wakil Walikota Sewan Ismail dan diterima Walikota Gorontalo, Drs. Wenny Liputo, M.Si. Mereka akan belajar tentang strategi pemerintah Kota Gorontalo dalam penanggulangan kemiskinan.

Dalam tatap muka kedua pemerintahan yang berlangsung di Aula Rumah Dinas Walikota Gorontalo dikemukan kemiripan kondisi Kota Samarinda dan Kota Gorontalo serta tanggung jawab kedua pemerintahan dalam upaya penanggulangan kemiskinan masyarakat kota.

Dilihat dari data kependudukan, tidak jauh berbeda antara jumlah masyarakat masih tergolong miskin di Kota Samarinda dan Kota Gorontalo. Oleh karena itu, Pemkot Samarinda ingin melihat informasi tentang bagaimana Pemerintah Kota Gorontalo menangani kemiskinan.

Walikota Gorontalo Wenny Liputo mengatakan upaya penanggulangan kemiskinan dan masalah kota lainnya tidak bisa hanya disandarkan kepada pemerintah daerah dengan kemampuan yang sangat terbatas. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Gorontalo menempuh strategi kemitraan dengan badan usaha baik BUMN, BUMD maupun swasta, serta dengan masyarakat. "Kami mengajak BUMN, BUMD, swasta maupun masyarakat tentang kewajiban sosial perusahaan terhadap lingkungan masyarakat sekitar. Tanggung jawab sosial ini merupakan amanah undang-undang," tandas Wenny Liputo.

Selain itu, Wenny mengatakan Pemerintah Kota Gorontalo membangun Posko Pengaduan Penanggulangan Kemiskinan. Posko dimaksud dibangun di seluruh kelurahan. Bahkan di tingkat RT/RW sudah ada kegiatan pendataan dan verifikasi data keluarga miskin.

Adapun intervensi yang dilaksanakan terutama di tahun 2014 melalui pendekatan intitusional, yaitu SKPD. "Misalnya satu keluarga miskin karena anaknya banyak yang sekolah kita akan dekati dia dengan program beasiswa pendidikan, karena bisa saja dia mempunyai pendapatan memenuhi suarat upah minimum provinsi (UMP). Tetapi karena beban-beban lain yang menjadi kewajiban terhadap anak-anak atau terhadap kesejahtraan keluarga itu yang membuat dia menjadi miskin," jelas Wenny Liputo.

baronews dot biz
                                       penanggulangan kemiskinan, pengentasan kemiskinan, kemiskinan, melawan pemiskinan

Terpopuler

Terbaru

MENDES SARANKAN LAPORAN KEMENDES DIAUDIT ULANG

MENDES SARANKAN LAPORAN KEMENDES DIAUDIT ULANG

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
PROGRAM PETA DESA TERANCAM MANDEK

PROGRAM PETA DESA TERANCAM MANDEK

SAPA INDONESIA - PROGRAM peta dasar untuk tingkat perdesaan...
PEREMPUAN ADAT TERABAIKAN

PEREMPUAN ADAT TERABAIKAN

SAPA INDONESIA - MESKIPUN telah meratifikasi Konvensi PBB mengenai...
KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

SAPA INDONESIA - SEBANYAK tujuh BUMDes mengikuti pelatihan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook