Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMPROV SULUT DORONG UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Advokasi

SAPA - Upaya mendorong penanggulangan kemiskinan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dari waktu ke waktu cukup terjamin. Ini semua menurut Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sulut Asiano Gammy Kawatu, tak bisa dilepaskan dari peran serta masyarakat dan seluruh instansi terkait lainnya.

"Penanggulangan kemiskinan bukan tanggung jawab satu SKPD, tapi dikeroyok sejumlah SKPD, ini pun harus melibatkan masyarakat banyak termasuk di antaranya pihak swasta," kata Kawatu, Selasa (19/11), saat membuka Rapat Koordinasi Lintas Sektor Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan Propinsi Sulut.

Dikatakan Kawatu, pihaknya telah melakukan koordinasi seberapa besar program-program yang dikucurkan untuk pemberdayaan masyarakat secara lintas sektor baik untuk penanggulangan kemiskinan di perkotaan maupun perdesaan, agar benar-benar terarah dan tepat sasaran bagi mereka yang membutuhkan.

"Mudah-mudahan semangat untuk mengembangkan kemampuan dari sebagian masyarakat miskin akan membawa perubahan yang berarti," tambahnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri pihak perbankan maupun pemerintah kabupaten/kota, swasta dan pekerja sosial lainnya, Kawatu membeberkan data kemiskinan di Sulut dengan berbagai versi

"Data BPS, yang resmi beredar menunjukkan bahwa angka kemiskinan di Sulut masih berada di bawah 8 persen. Angka ini cukup signifikan bahkan merupakan angka terendah dibanding seluruh propinsi di Sulawesi," tukasnya sembari menambahkan bahwa hal ini telah mengindikasikan dari waktu ke waktu upaya penanggulangan kemiskinan di Sulut cukup terjamin.

Kendati demikian dari sisi lain, melalui data base tentang rumah tangga sangat miskin, rumah tangga miskin dan rumah tangga hampir miskin, salah satu menunjukkan bahwa masih terdapat 161 ribu rumah tangga miskin di Sulut.

"Rumah tangga miskin di Sulut saat ini mencapai 161 ribu dan langkah penanggulangannya telah dikoordinasikan bersama pemerintah pusat melalui berbagai program seperti Kube, usaha ekonomi kreatif, BLSM maupun berbagai program lainnya," kata Kawatu.

harian-komentar dot com
                                                     Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
MENDATA PMKS, PERANGKAT DESA DIBAYAR RP400 RIBU

MENDATA PMKS, PERANGKAT DESA DIBAYAR RP400 RIBU

SAPA INDONESIA - TAHUN ini Dinas Sosial (Dinsos) DIY melakukan...
KEMISKINAN NAIK, PENERIMA RASTRA MENURUN

KEMISKINAN NAIK, PENERIMA RASTRA MENURUN

SAPA INDONESIA - KOUTA penerima beras sejahtera (Rastra) di...
KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN anggaran Kementerian Desa, Pembangunan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook