Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DANA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI BATANG CAPAI MILIARAN RUPIAH

kemiskinan-pemiskinan-batang

SAPA - Dana Penanggulangan Kemiskinan untuk masyarakat miskin di Kabupaten Batang ternyata mencapai miliaran rupiah. Dana itu tersebar baik di masing-masing kementerian maupun dinas-dinas terkait.

Demikian disampaikan Kepala BAPPEDA Kabupaten Batang Ketut Mariadji Senin (25/11) di kantornya. Dia mengatakan, di Dinas Pertanian ada program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP). Program ini memberikan dana Rp 100 juta untuk pengembangan petani. Harapannya nanti akan terbentuk Lembaga Keuangan Mikro (LKM) sejenis Bank Pertanian. Sejak 2008 sudah ada 130 desa yang mendapat manfaat dari program ini.

Untuk membantu program ini, ada Penyelia Mitra Tani (PMT) sebagai tenaga pendamping yang mendampingi petani dalam membuat laporan, akuntansi, dan sejumlah administrasi. "Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (Bapeluh) juga senantiasa siap mebantu petani untuk meningkatkan produktivitasnya," kata Ketut.

Di Dinas Kelautan ada suntikan dana bantuan Pemberdayaan Usaha Masyarakat Pesisir (PUMP) Rp 100 juta/kelompok. Dana ini mampu meningkatkan kegiatan usaha serta penguatan modal usaha bagi masyarakat nelayan. PNPM Mandiri juga turut memberikan sumbangan besar di bidang infrastruktur dan bantuan usaha warga melalui simpan pinjam. Selain dua program itu, masih ada program yang lain yang menggelontorkan dana sampai ratusan juta ke masyarakat.

Semua aplikasi program itu digulirkan dalam rangka program penanggulangan kemiskinan. Jumlah anggaran yang digelontorkan pun tidak sedikit jika semua kementerian digabung mencapai milyaran rupiah. Semua itu menurut Ketut tak akan berarti apa-apa jika mental masyarakat kita masih "mengulurkan tangan" bukan mengubah motivasi untuk menjadi perwira.

Berdasarkan data dari BPS Jumlah Kemiskinan di Kabupaten Batang terdapat 14,67% dari 712.881 jiwa atau 103.541 jiwa. Presentasi itu lebih rendah dari kemiskinan provinsi yang mencapai 16,21% namun masih lebih tinggi dari angka kemiskinan nasional yang hanya 12,36%. Ketut yakin tahun ini kemiskinan akan menurun dengan banyaknya program kemiskinan yang dilaksanakan Pemerintah Batang.

satelitpost dot co
                                                   Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

SAPA INDONESIA - KETIMPANGAN ekonomi atau gini ratio DIY yang...
VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

SAPA INDONESIA - MENCERMATI fenomena angka kemiskinan yang...
BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

SAPA INDONESIA - NOMINAL belanja rokok di Kabupaten Kulonprogo,...
SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - SETIAP desa memiliki potensi untuk membentuk...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook