Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENANGGULANGAN KEMISKINAN DENGAN SISTEM KEROYOKAN

CE-perempuan

SAPA - Tingginya angka kemiskinan di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) per Maret 2013 sekitar 14,24 persen membuat berbagai elemen dari pusat maupun provinsi Sumsel bertindak cepat. Bahkan, sejumlah instansi akan menanggulangi kemiskinan dengan sistem keroyokan.

Deputi Bidang Kemiskinan, Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) RI, Dr Ir Ceppie K Sumadilaga mengatakan, sistem keroyokan perlu dilakukan guna memaksimalkan program penanggulangan pada kantong-kantong kemiskinan.

"Kegiatan ini harus bersinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, dan diharapkan juga ada dukungan swasta agar dapat berjalan dengan baik," kata Ceppie dalam pertemuan di ruang rapat Bina Praja Pemprov Sumsel, hari ini.

Selain keroyokan, Ceppie mengatakan ada cara lain bisa dilakukan, yakni dengan melaksanakan tiga tahap pelaksanaan MP3EI. "Targetnya pada 2021-2025 nanti tinggal pemantapan sistem penanggulangan kemiskinan secara terpadu, dimana sistem jaminan sosial sudah mencapai universal coverage,"cetusnya.

Keterlibatan corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan bisa digunakan untuk melakukan tranformasi cluster II, III, dan IV. CSR harus dimanfaatkan untuk program pro rakyat seperti pembangunan rumah murah, penyediaan air bersih, pengadaan angkutan umum, dan lainnya.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Advokasi TKPK Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, Muhammad Arif Tasrif mengungkapkan, penurunan angka kemiskinan tergolong lambat. Masih kurangnya peluang bagi kegiatan produktif, lemahnya kelompok sumber daya manusia (SDM), dan terbatasnya perlindungan sosial.

"Di Sumsel, sebagian besar penduduk menggantungkan hidup dari sektor pertanian. Ada satu hal positif di Sumsel. Ketika rakyat Sumsel kontributif dalam membayar pajak, pemerintah berhasil menjawabnya dengan memberantas kemiskinan,"pungkasnya.

sumeks dot co dot id
                                                             Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KEPALA DESA KHAWATIR RASTRA DIPOLITISASI

KEPALA DESA KHAWATIR RASTRA DIPOLITISASI

SAPA INDONESIA - KEPALA desa di Kabupaten Sampang, Jawa Timur,...
15 KABUPATEN DI JATENG MASUK ZONA MERAH KEMISKINAN

15 KABUPATEN DI JATENG MASUK ZONA MERAH KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - SEBANYAK 15 kabupaten di Jawa Tengah masuk...
FAO MINTA PEMERINTAH RI GENJOT PEMBANGUNAN DI PEDESAAN

FAO MINTA PEMERINTAH RI GENJOT PEMBANGUNAN DI PEDESAAN

SAPA INDONESIA - FOOD Agriculture Organization (FAO) of United...
MENGGENJOT PEMBANGUNAN DESA

MENGGENJOT PEMBANGUNAN DESA

SAPA INDONESIA - MEMBANGUN dari desa merupakan salah satu prioritas...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook