penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, blsm, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

GUBERNUR BALI KERAHKAN SKPD UNTUK KEROYOK KEMISKINAN

kemiskinan-pemiskinan-miskin

SAPA - Angka kemiskinan di Provinsi Bali dalam kurun waktu lima tahun terakhir telah mengalami penurunan yang signifikan. Dari 6,17 persen pada tahun 2008 berhasil ditekan hingga menyisakan angka 3,95 persen pada tahun 2013. Dengan prosentase tersebut, Bali menempati peringkat II nasional setelah DKI Jakarta yang jumlah penduduk miskinnya paling sedikit yaitu sebanyak 3,7 persen. Namun sajian angka tersebut tak membuat Gubernur Bali Made Mangku Pastika berpuas diri.

Menurutnya, pengambilan data dengan sistem sampling tak 100 persen menjamin bahwa data tersebut mencerminkan realita di lapangan. Karena itu, data tersebut tak membuat Pemprov Bali mengendorkan semangat dalam upaya pengentasan kemiskinan. Penegasan tersebut disampaikan Gubernur Pastika di hadapan masyarakat dalam Simakrama di Wantilan DPRD Bali, Sabtu (30/11).

Dijelaskan Gubernur, untuk mempercepat penuntasan kemiskinan, pihaknya telah meluncurkan program Gerakan Pembangunan Desa Terpadu (Gerbangsadu) yang mulai dilaksanakan sejak tahun 2012. Hingga tahun 2013, program ini telah menyasar 129 desa dengan tingkat kemiskinan di atas 35 persen. Dalam program tersebut, tiap desa mendapat gelontoran dana sebesar Rp. 1 milyar 20 juta untuk menggerakkan perekonomian masyarakatnya.

Di tahun 2014 mendatang, program ini akan lebih dimantapkan dengan menyasar desa yang tingkat kemiskinannya di atas 25 persen. Pemprov memproyeksikan anggaran sebesar Rp. 51 milyar untuk 50 desa. Untuk menyukseskan program ini, Gubernur meminta seluruh SKPD di lingkungan Pemprov Bali untuk 'mengeroyok' desa-desa penerima program Gerbangsadu. "Seluruh program unggulan seperti bedah rumah, Sumantri, beasiswa miskin dan lainnya harus terkonsentrasi di situ," pungkasnya.

metrobali dot com
                                                              Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
MENDATA PMKS, PERANGKAT DESA DIBAYAR RP400 RIBU

MENDATA PMKS, PERANGKAT DESA DIBAYAR RP400 RIBU

SAPA INDONESIA - TAHUN ini Dinas Sosial (Dinsos) DIY melakukan...
KEMISKINAN NAIK, PENERIMA RASTRA MENURUN

KEMISKINAN NAIK, PENERIMA RASTRA MENURUN

SAPA INDONESIA - KOUTA penerima beras sejahtera (Rastra) di...
KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN anggaran Kementerian Desa, Pembangunan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook