penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, blsm, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BERSAMA PNPM MANDIRI, WARGA BANGUN MADRASAH TASYMIRUSY SYUBBAN

kemiskinan-pemiskinan-pnpmperdesaan

SAPA - Desa Tedunan di Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, pada tahun 2013 ini mendapatkan kembali kucuran dana dari pemerintah lewat PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri Perdesaan.

Lewat Musrenbangdes dana sebesar Rp 151.961.000 tersebut disepakati untuk rehab berat Madrasah Diniyyah "Tasymirusy Syubban" yang kondisinya sudah cukup tua.

Ditambah swadaya masyarakat sebesar Rp 40 juta, gedung madrasah tersebut akan direnovasi kembali sehingga kondisinya layak kembali untuk belajar para siswa jika sore hari.

"Dengan dana PNPM ini kami membangun 3 lokal baru, bangunan lama kami robohkan karena sudah tua, selain itu kondisi lantai juga kami tinggikan sesuai dengan kesepakatan Rapat dan juga RAB yang ada," ujar Fahrur Rozi (48) Sekretaris TPKD (Tim Pengelola Kegiatan Desa) PNPM Mandiri Perdesaan Desa Tedunan kepada NU Online Ahad (1/12).

Fahrur Rozi mengatakan, pelaksanaan pembangunan gedung madrasah ini mengacu pada aturan yang ada. Dari mulai perencanaan, musyawarah desa, verifikasi sampai dengan penetapan dilewati secara baik.

Selain itu untuk swadaya masyarakat juga cukup tinggi, karena hampir 25 % anggaran pembangunan gedung madrasah ini bersumber dari swadaya masyarakat.

Penggalangan dana swadaya tersebut melibatkan ketua RT yang ada dengan cara menarik swadaya dari pintu ke pintu. Jika sekali belum lunas maka penarikannya doatur secara angsuran, setelah terkumpul uang tersebut disetorkan pada bendahara TPKD.

Selain itu di waktu-waktu tertentu TPKD juga mengerahkan tenaga masyarakat dalam rangka membantu pembangunan madrasah ini, untuk tahap awal ketika pembongkaran bangunan hampir seluruh warga datang sehingga pekerjaan cepat terselesaikan.

"Saya akui warga kami kesadaran untuk berswadaya masih tinggi, selain kami bebani bentuk uang tunai, tenaga mereka pada waktu tertentu kami minta pergunakan mereka dengan suka rela datang membantu kami", terang Fahrur Rozi.

Ia menambahkan, tahun 2012 madrasah ini juga telah mendapatkan dana PNPM sebesar Rp 91,975 ditambah swadaya Rp 30 juta. Dana tersebut dipergunakan untuk membangun dua lokal kelas, dua kelas lagi murni sawadaya masyarakat. Tahun 2013 ini kembali mendapatkan dana PNPM untuk membangun 2 lokal kelas dan 1 lokal kantor Madrasah.

Madrasah Diniyyah "Tasymirusy Syubban" ini usianya sudah puluhan tahun. Santri atau siswa yang belajar mencapai lebih dari 500 siswa. Yang belajar di madrasah ini adalah anak-anak usia SD/MI. sementara kurikulum pembelajarannya mangacu pada LP Ma'arif NU Jepara.

nu dot or dot id
                                                     Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook