penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, blsm, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

WARGA MISKIN MALANG DAPAT ASURANSI KESEHATAN

kemiskinan-pemiskinan-asuransi-1

SAPA - Sebanyak 41.000 warga miskin di Kota Malang, Jawa Timur, mulai 2014 pelayanan kesehatannya akan ditanggung oleh program asuransi yang didanai dari pemerintah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Supranoto, Jumat (6/12), mengemukakan premi untuk program asuransi kesehatan warga miskin yang ditanggung oleh pemerintah rata-rata sebesar Rp19.255 per orang/bulan. Dana yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Malang 2014 untuk program asuransi kesehatan itu sebesar Rp15 miliar.

"Selain dana dari APBD, pelayanan kesehatan warga kurang mampu di daerah ini juga ditopang dari dana sharing antara Pemkot Malang dengan Pemprov Jatim sebesar Rp10 miliar. Dana sebesar itu juga termasuk untuk menjangkau warga yang menggunakan surat pernyataan miskin (SPM)," ungkapnya.

Ia mengakui program asuransi kesehatan yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) itu merupakan pengganti dari jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) yang anggarannya juga dikover dari APBD.

Hanya saja, lanjutnya, sampai saat ini data warga miskin penerima layanan dan jaminan kesehatan secara gratis tersebut masih belum final karena Dinkes masih terus melakukan validasi data dengan harapan seluruh warga miskin bisa terkover asuransi kesehatan.

Menanggapi mulai diberlakukannya asuransi kesehatan bagi warga miskin dan preminya ditanggung pemerintah itu, Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang Tri Yudiani berharap program tersebut tepat sasaran, sebab pada tahun ini masih banyak warga miskin yang tidak terdata, sehingga tidak tersentuh program Jamkesda maupun jaminas kesehatan masyarakat (Jamkesmas) yang didanai dari pemerintah pusat.

Politisi dari PDIP itu mengakui sampai saat ini pihaknya belum menerima data riil berapa jumlah warga miskin yang mendapatkan program asuransi kesehatan tersebut. "Kami berharap kejadian tahun ini tidak akan terulang lagi, yakni banyak warga miskin yang tidak terkover program Jamkesmas maupun Jamkesda, sehingga mereka protes," tegasnya.

Tahun lalu, warga miskin Kota Malang yang terkover Jamkesmas sebanyak 91 ribu jiwa, Jamkesda 36 ribu jiwa dan yang meng gunakan SPM mencapai hampir 8 ribu jiwa.

Sementara bagi warga mampu tetap diikutkan dalam program asuransi kesehatan, namun preminya dibayar sendiri oleh yang bersangkutan (peserta).

m dot aktual dot co
                                                                     Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...
RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

SAPA INDONESIA - RAPAT Koordinasi (Rakor) teknis tentang penanggulangan...
WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin...
KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook