penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BPJS SIAP DITERAPKAN DI KAB MALANG TAHUN 2014

kemiskinan-pemiskinan-bpjs

SAPA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang terus berbenah diri sekaligus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Salah satunya yakni mempersiapkan diri menyambut transformasi menuju Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, yang akan diterapkan pada 1 Januari 2014 mendatang. Kepala Dinkes Kabupaten Malang Dra. Mursyidah, Apt, M.Kes mengatakan BPJS Kesehatan merupakan transformasi dari PT Asuransi Kesehatan (Askes). Terkait hal itu ada dijelasaknnya beberapa hal yang perlu diketahui oleh masyarakat mengenai tata cara pengurusan, pesyartan peserta, iuran dan manfaat BPJS kesehatan.

"Seluruh warga yang telah bekerja minimal selama enam bulan dan telah membayar iuran, diwajibkan menjadi peserta BPJS, pada tahun 2014 mendatang," ujar Mursyidah saat dihubungi Malang Post kemarin. Dia menjelaskan BPJS Kesehatan, dikategorikan menjadi dua bagian.

Pertama, yakni Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan dan Bukan PBI Jaminan Kesehatan. PBI Jaminan Kesehatan, lanjutnya, adalah peserta jaminan kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu. Sedangkan iurannya PBI dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui APBD.

"Jadi yang berhak menjadi peserta PBI jaminan kesehatan, adalah yang mengalami cacat total permanen, mempunyai penyakit berat seperti tumor, jantung, kanker dan sebagainya, serta termasuk dalam golongan tak mampu," terang wanita berkacamata ini. Sementara untuk peserta bukan PBI Jaminan Kesehatan terdiri dari pekerja penerima upah beserta anggota keluarganya, pekerja bukan penerima upah dan keluarganya serta bukan pekerja dan anggota keluarganya. "Sedangkan iuran untuk program bukan PBI Jaminan Kesehatan sebesar Rp 25.500 per jiwa dan dibayarkan tiap bulannya," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut dia juga menghimbau kepada masyarakat yang telah mampu, memanfaatkan program ini dengan sebaik mungkin. Dia mencontohkan untuk setiap pria maupun kepala keluarga, bisa menyisihkan Rp 1.000 dari uang rokok untuk membayar BPJS jaminan kesehatan. Pasalnya dia menegaskan program sebagai pengganti Jamkesmas ini sangat penting untuk membiayai kesehatan masyarakat. "Sedangkan terkait pelaksanaanya pada 2014 mendatang kami sudah siap. Termasuk sosialisasi kepada masyarakat, sudah kami lakukan sebeumnya," katanya.

Dia menegaskan persyaratan BPJS lebih fleksibel dan iurannya sangat murah alias dapat dijangkau masyarakat golongan menengah kebawah. "Manfaat menjadi peserta BPJS kesehatan adalah setiap peserta berhak memperoleh manfaat jaminan kesehatan bersifat pelayanan kesehatan perorangan yang mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.termasuk pelayanan obat dan bahan medis habis pakai sesuain dengan kebutuhan medis yang diperlukan," bebernya.

malang-post dot com
                                                                        Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

SAPA INDONESIA - BADAN Usaha Milik Desa (BUMDES) perlu untuk...
YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

SAPA INDONESIA - KETUA Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh...
BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

SAPA INDONESIA - PRODUK jenis jagung di Bengkulu Selatan jadi...
BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Purwakarta Dedi Mulyadi mengumpulkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook