penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KABUPATEN MALANG SEBAGAI PENERIMA PKH TERBESAR

kemiskinan-pemiskinan-pkh-mensos

SAPA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menjadi tuan rumah pelaksanaan Launching Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2013 yang bertempat di Pendopo Agung Kabupaten Malang, kemarin. Kegiatan yang dihadiri langsung Menteri Sosial RI, DR. Salim Segaf Al Jufri, MA sekaligus menandai penyerahan bantuan yang diterima perwakilan kepala daerah di Malang Raya dan kabupaten serta kota lainnya.

Salim Segaf Al Jufri mengatakan, dipilihnya Kabupaten Malang sebagai lokasi tempat Launching PKH tahun ini, didasari antara lain karena adanya dukungan dan perhatian pemerintah daerah dalam hal ini Pemkab Malang terhadap program PKH. Selain itu, lanjutnya, pemilihan ini juga berdasar lantaran Kabupaten Malang memiliki peran strategis dalam pembangunan kesejahteraan sosial. ''PKH ini adalah salah satu program nasional dalam penanggulangan kemiskinan.

Dalam perkembangannya, sejak diluncurkan tahun 2007, terus mengalami peningkatan sasaran. Dimulai pada tahun 2007 target sasaran KSM sebanyak 500.000 KSM, seiring waktu terus meningkat, sehingga pada tahun 2013 target sasarannya sebesar 2,4 juta KSM,'' demikian ungkap Menteri Sosial, DR. Salim Segaf Al Jufri, MA kepada Malang Post, kemarin.

Launching ini sebagai tanda dimulainya penyaluran bantuan tunai bersyarat kepada 910.201 KSM yang tersebar pada 167 kabupaten/kota, Kementerian Sosial Republik Indonesia. PKH berjalan sejak tahun 2007, dan akan terus berkelanjutan. Kemensos merilis, program ini bukan hanya sebagai program nasional saja, namun juga berjalan di negara miskin dan berkembang demi mengeluarkan dari kemiskinan, terutama karakter. Sedangkan, besaran bantuan kurang lebih Rp 1,8 juta per tahun per KSM, atau Rp 150 ribu per bulan. Bantuan ini disalurkan kemensos melalui PT Pos Indonesia.

''Kemiskinan ini bukan tidak punya uang saja, melainkan mengubah maindset agar bisa lepas dari kemiskinan. Anak itu diberdayakan, dididik agar muaranya kemandirian, agar bisa keluar dari kemiskinan. Kedisiplinan juga, misalnya ibu tadi harus disiplin membawa anaknya ke sekolah, jika kurang dari 80 persen, bantuan ini akan dipotong. Bantuan ini maksimal diterima dalam jangka enam tahun," tambah Salim.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Abdul Malik menyebut, PKH ini arahnya untuk memperbaiki kehidupan masyarakat, terutama di bidang kesehatan dan pendidikan. Pada tahun ini, Kabupaten Malang tercatat kabupaten pengembangan lokasi baru tahun 2013 yang memiliki penerima manfaat PKH terbanyak diantara 13 kabupaten/kota lokasi pengembangan baru di Provinsi Jawa Timur, yaitu sebanyak 34.286 KSM dengan jumlah bantuan sebesar 20,46 Milyar Rupiah.

''Kami mengapresiasi karena seluruh wilayah 33 kecamatan dapat program ini. Sebelumnya, kami usulkan sebanyak 42 ribu keluarga, namun hasil dari verifikasi dan didapat hanya 34.286 keluarga, yang benar-benar keluarga sangat miskin," ucap Malik.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Malang, Sri Wahyuni Pudji Astuti mengaku, Kabupaten baru mendapat regulasi bantuan ini. Bantuan itu diberikan untuk triwulan pertama. Hasil validasi, penerima PKH di Kabupaten Malang sebanyak 34.286 keluarga dengan jumlah bantuan sebesar Rp 20,469 Miliar. Jumlah itu 5 persen dari keberadaan masyarakat yang tercatat sangat miskin.

''Kami berterimakasih, Kemensos memberikan kepercayaan bagi Kabupaten Malang untuk ketempatan pelaksanaan launching PKH tahun 2013. Tentunya kebangaan bagi kita semua, khususnya warga masyarakat Malang," timpal wanita yang akrab disapa Yayuk ini.

malang-post dot com
                                                              Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook