penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PERBAIKAN JALAN DI DESA MEJADI PRIORITAS

 kemiskinan-pemiskinan-jalan-pamekasan

SAPA - Program pembangunan prasarana tahun 2014 di Kabupaten Pamekasan lebih mengedepankan perbaikan jalan desa. Sebab pemerintah akan menekankan pada sektor pembangunan ekonomi perdesaan yang salah satunya ditunjang oleh prasarana yang memadai.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pamekasan, Toto Hartono mengatakan jalan desa sangat dibutuhkan sebagai akses jalan menunjang perekonomian, terutama di sektor pertanian.

Sebetulnya, tahun ini, sudah banyak jalan desa yang dibangun maupun diperbaiki melalui beberapa program pemerintah, seperti Alokasi Dana Desa (ADD) dan PNPM Mandiri Perdesaan.

Hanya saja, masih banyak jalan desa yang sangat dibutuhkan belum tersentuh program pemerintah, baik yang bersifat perbaikan maupun peningkatan kualitas. Totok belum bisa memastikan jumlah anggaran yang dialokasikan untuk perbaikan dan peningkatan sarana jalan desa tersebut.

"Anggarannya memang belum ditetapkan. Karena kami masih akan melihat kebutuhan itu dari dokumen perencanaan di masing-masing desa," katanya.

Ia mengatakan alokasi dan jumlah kegiatan pembangunan jalan desa itu, akan disesuaikan dengan dokumen perencanaan berupa Rencana Kerja Pembangunan (RKP) masing-masing desa. Dokumen tersebut akan dijadikan acuan untuk menentukan jenis kegiatan yang akan dilakukan maupun anggaran yang dibutuhkan.

Pembangunan jalan desa, nantinya akan diambilkan dari beberapa sumber dana seperti Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Bagi hasil cukai Tembakau (DBHCT) maupun program lainnya. Yang pasti, kata dia, tahun depan pihaknya akan membangun jalan desa yang benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sebagai acuan menentukan skala prioritasnya.

"Tidak semua usulan perbaikan maupun peningkatan kualitas akan didanai tahun depan. Tapi kami harus melihat skala prioritas karena keterbatasan dana yang ada," kata dia.

Totok menjelaskan untuk usulan pembangunan jalan baru, pihaknya masih akan memverifikasi apakah pengadaan jalan baru tersebut benar-benar dibutuhkan ataukah hanya sekedar diadakan untuk penyerapan anggaran. Sebab untuk pengadaan jalan baru itu, pemerintah memiliki batasan yang harus diperhatikan. Diantaranya, jalan tersebut benar-benar menjadi akses kawasan terpencil, dan menunjang perekonomian dan pendidikan masyarakat setempat.

Pada tahun ini, anggaran yang digunakan untuk pembangunan jalan poros desa, dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) sebesar Rp 17 miliar dan dari dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp14,5 miliar. Jumlah itu belum termasuk anggaran perawatan rutin jalan yang dianggarkan sebesar Rp 2,4 miliar.

Bupati Achmad Syafii mengatakan peningkatan infrastruktur perdesaan yang merata cukup mendesak dilakukan terutama untuk desa-desa terpencil. Hal itu berkaitan dengan arah kebijakan program pembangunan pemerintah yang menekankan pada pemerataan akses di bidang prasarana sebagai penunjang pembangunan ekonomi dan pendidikan yang berbasis perdesaan.

Syafii mengatakan prioritas pembangunan jalan desa itu ditargetkan dapat mempercepat upaya penanggulangan kemiskinan, meningkatkan indek prestasi manusia (IPM), juga mendorong masyarakat memiliki sifat guyub, rukun, damai, dan sejahtera serta berakhlak mulia.

"Di samping itu, kami juga menekankan pada prasarana yang menunjang pada kebutuhan dasar, seperti penyediaan sarana MCK yang layak," katanya.

koranmadura dot com
                                                     Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

TUNTASKAN KEMISKINAN BALI, PASTIKA :

TUNTASKAN KEMISKINAN BALI, PASTIKA : "KABUPATEN KAYA BANTU DAERAH MISKIN"

SAPA INDONESIA - GUBERNUR Bali Made Mangku Pastika meyakini...
KEMISKINAN ANAK TERTINGGI TERJADI DI PAPUA, PAPUA BARAT, DAN NTT

KEMISKINAN ANAK TERTINGGI TERJADI DI PAPUA, PAPUA BARAT, DAN NTT

SAPA INDONESIA - PROVINSI Papua, Papua Barat dan Nusa Tenggara...
TERINTEGRASI, DANA DESA HINGGA BANK HIMBARA BAKAL TEKAN ANGKA KEMISKINAN DI RI

TERINTEGRASI, DANA DESA HINGGA BANK HIMBARA BAKAL TEKAN ANGKA KEMISKINAN DI RI

SAPA INDONESIA - ANGKA kemiskinan menjadi salah satu pekerjaan...
HAK DASAR 11 JUTA ANAK TERAMPAS

HAK DASAR 11 JUTA ANAK TERAMPAS

SAPA INDONESIA - KEMISKINAN anak di Indonesia masih menjadi...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook