penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ANGKA KEMISKINAN 10 PERSEN DITARGETKAN TAHUN 2014

PENANGGULANGAN KEMISKINAN

kemiskinan-pemiskinan-menkokesra-3

SAPA - Pemerintah Indonesia menargetkan bahwa angka kemiskinan akan turun menjadi 10 persen pada 2014. Mengacu pada data milik Badan Pusat Statistik (BPS), kemiskinan September tahun lalu 11, 47 persen.

Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengatakan penurunan angka kemiskinan bukan semata tugas kementeriannya melainkan juga tugas kementerian lain seperti Kemenko Perekonomian.

Diakui untuk menurunkan angka kemiskinan dibawah 10 persen sangat sulit. "Survei BPS pada September tahun lalu menunjukan 11, 33 persen menjadi 11, 47 persen. Menjadi kewaspadaan bagi kami untuk 2014 diupayakan semakimal mungkin dan harus bekerja keras sesuai dengan tugas masing. Target kita mendekati 10 persen. Sulit untuk 2014 turun dibawah 10 persen," ujar Agung Laksono dalam keterangan pers di kantornya, Jumat (10/1/2014).

Faktor tingginya angka kemiskinan tahun 2013 yaitu imbas dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), bencana dan krisis keuangan global. Namun dia bersyukur angka kemiskinan dapat terus ditekan hingga tidak terlampau besar.

Beberapa program milik pemerintah yang dianggap andil untuk penurunan angka kemiskinan tahun 2013 yaitu, pertama pertumbuhan ekonomi yang bagus yaitu 5, 7 persen. Dengan pertumbuhan tersebut, banyak tercipta lapangan kerja sehingga angka kemiskinan dapat ditekan.

Pemerintah berharap tahun ini, pertumbuhan ekonomi tetap bagus sehingga lapangan kerja terus bertambah.

Kedua, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan dan Perkotaan. Program PNPM merupakan program pemerintah yang telah digulirkan sejak 2007 lalu dan diberikan kepada 72 ribu desa miskin di Indonesia. Ada 13 jenis PNPM Mandiri baik yang dikelola baik oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah dan organisasi masyakarat sipil.

Untuk anggaran PNPM Mandiri 2014 dialokasikan Rp 11, 6 triliun. Dana tersebut berasal dari APBN, APBD dan bantuan dan hibah dari negara lain. Ketiga adalah program perluasan proteksi sosial seperti Raskin dan bantuan siswa miskin. Ke-empat adalah program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

"Itu semua memberikan dampak besar untuk penurunan angka kemiskinan. PNPM merupakan varian untuk menurunkan angka kemiskinan. Ini program positif," ujarnya

rri dot co dot id
                                                         Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

SEJAK DIGULIRKAN, DANA DESA TERUS MENINGKAT

SEJAK DIGULIRKAN, DANA DESA TERUS MENINGKAT

SAPA INDONESIA - SEJAK dana desa digulirkan tahun 2015 lalu...
MENDES PERCEPAT BENTUK HOLDING BUMDES

MENDES PERCEPAT BENTUK HOLDING BUMDES

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
PLN: PEMANGKASAN SUBSIDI UNTUK WILAYAH TIDAK BERLISTRIK

PLN: PEMANGKASAN SUBSIDI UNTUK WILAYAH TIDAK BERLISTRIK

SAPA INDONESIA - MANAGER Senior Public Relations PT Perusahaan...
TEKAN KEMISKINAN, MENSOS TAMBAH 1 JUTA PENERIMA BANSOS PKH

TEKAN KEMISKINAN, MENSOS TAMBAH 1 JUTA PENERIMA BANSOS PKH

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH terus berupaya mengurangi angka...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook