penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ANGKA KEMISKINAN 5,2 PERSEN LIMA TAHUN KEDEPAN

PENANGGULANGAN KEMISKINAN

kemiskinan-pemiskinan-awang-faroek

SAPA - Gubernur Provinsi Kaltim DR.H.Awang Faroek Ishak, MM, menekankan bahwa sesuai dengan visi dan misi Pemprov Kaltim, maka dalam kurun waktu lima tahun ke depan pihaknya menargetkan untuk dapat mencapai penurunan angka atau tingkat kemiskinan sebesar 5,2 persen.Diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim, saat ini angka kemiskinan di Kaltim sendiri sebesar 6,06 persen dari keseluruhan jumlah penduduk Kaltim.

Target penurunan angka kemiskinan hingga 5,2 persen dalam kurun waktu lima tahun ke depan tersebut disampaikan Gubernur saat membacakan sambutan saat bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam puncak peringatan HUT Pemprov Kaltim ke 57 yang berlangsung di Stadion Utama Palaran, Kamis (9/1).

"Visi dan Misi pembangunan menuntut kerja keras kita bersama untuk melaksanakan dan mewujudkannya dengan indikator makro keberhasilan pembangunan dalam 5 (lima) tahun ke depan berupa, peningkatan IPM sebesar 78, penurunan tingkat kemiskinan sebesar 5,2%, pertumbuhan ekonomi sebesar 5%, terkendalinya inflasi di tingkat 5,11%, menurunnya tingkat pengangguran sebesar 5% dan meningkatnya indeks kualitas lingkungan sebesar 70,50," papar Gubernur.

Menurutnya, pembangunan yang dilaksanakan Pemprov Kaltim dimuarakan kepada tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tanpa membedakan suku, agama, partai politik dan lain sebagainya.

"Untuk itu, yakinlah, dengan kebersamaan dan tekad yang kuat di antara kita untuk melaksanakan Visi dan Misi pembangunan, Insya Allah apa yang kita cita-citakan akan tercapai sebagaiman yang kita harapkan bersama, yakni untuk kemajuan, kesejahteraan dan kejayaan Kaltim" tegasnya.

Dikatakannya, apa yang saya disampaikannya itu tidaklah berlebihan, mengingat jajaran Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kaltim juga telah membuktikan kinerja terbaiknya. Antara lain dinyatakan dengan lima kali secara berturut-turut sejak tahun 2009 Pemprov Kaltim berhasil meraih peringkat tertinggi tingkat nasional dalam penilaian Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Ne-gara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Selain itu, untuk pertama kalinya di penghujung tahun 2013 tadi, Kaltim berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk Laporan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2012. Sebelumnya tahun 2011 Pemprov Kaltim hanya mendapatkan Predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Karena itu, predikat WTP yang baru kita terima itu merupakan penghargaan tertinggi yang harus dapat kita pertahankan terus dari tahun ke tahun.

Sebagai komitmen kuat dari Pemprov Kaltim dalam penanganan kemiskinan di Kaltim lima tahun ke depan, Pemprov telah menyiapkan alokasi anggaran mencapai hampir Rp700 miliar yang khusus diperuntukkan bagi program-program pembangunan kesejahteraan sosial di seluruh Kabupaten/kota di Kaltim melalui instansi-instansi terkait.

"Sesuai dengan tema yang kita angkat dalam HUT Pemprov Kaltim ke 57 ini yakni 'Bangun Sinergitas, Wujudkan Kaltim Maju 2018' diharapkan nantinya seluruh program-program pembangunan bisa berjalan sesuai harapan dan bermuara pada kesejahteraan masyarakat Kaltim sehingga di tahun 2018 mendatang diharapkan Kaltim benar-benar menjadi daerah yang maju," jelasnya.

dinsos dot kaltimprov dot go dot id
                                                                   Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

JURUS JOKOWI PANGKAS TINGKAT KEMISKINAN DI RI

JURUS JOKOWI PANGKAS TINGKAT KEMISKINAN DI RI

SAPA INDONESIA - HINGGA Maret 2017, tingkat kemiskinan di Indonesia...
16 TAHUN JALANKAN OTSUS, KEMISKINAN PAPUA DIKLAIM TURUN SIGNIFIKAN

16 TAHUN JALANKAN OTSUS, KEMISKINAN PAPUA DIKLAIM TURUN SIGNIFIKAN

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Provinsi Papua menggelar diskusi...
JUMLAH KEMISKINAN DI WILAYAH PERKOTAAN DI JATENG MENINGKAT

JUMLAH KEMISKINAN DI WILAYAH PERKOTAAN DI JATENG MENINGKAT

SAPA INDONESIA - KETUA DPRD Jateng Rukma Setiabudi mengatakan,...
BINA PEMBANGUNAN DESA, KADES/LURAH SE-JABAR KUMPUL DI BEKASI

BINA PEMBANGUNAN DESA, KADES/LURAH SE-JABAR KUMPUL DI BEKASI

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat menggelar kegiatan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook